Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Jordi Cruyff: Momen Melepas De Jong Sudah Terlewat

Kamis 08 Dec 2022 20:24 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Jordi Cruyff

Jordi Cruyff

Foto: EPA-EFE/Marco Pin
Rencana Barcelona melepas De Jong ini terendus pada jendela transfer awal musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Penasihat olahraga Barcelona, Jordi Cruyff, menegaskan, Blaugrana sudah tidak lagi memiliki rencana untuk melepas Frenkie de Jong.

Sebelumnya, gelandang asal Belanda itu memang kerap siap dilepas Blaugrana demi meringankan beban di neraca keuangan klub, terutama di pos gaji pemain.

Rencana Blaugrana melepas De Jong ini terendus pada jendela transfer awal musim ini. Dalam sebuah wawancara dengan media asal Belanda, sebulan jelang gelaran Piala Dunia 2022, De Jong pun mengaku sempat mendapatkan tekanan untuk meninggalkan klub asal Katalan tersebut.

Tekanan itu tidak hanya didapat dari para petinggi klub, tapi juga media. Namun, gelandang berusia 25 tahun itu bergeming. De Jong bersikeras untuk tetap bertahan di Blaugrana pada awal musim ini.

Eks gelandang Ajax Amsterdam itu diketahui masih terikat kontrak bersama Blaugrana hingga 2026 mendatang.

Cruyff pun mengungkapkan, saat ini Barcelona sudah tidak tertarik untuk melepas De Jong, terutama seiring dengan perkembangan positif neraca keuangan Blaugrana.

Blaugrana, ujar Cruyff, justru akan berusaha mempertahankan De Jong lantaran peran pentingnya dalam permainan tim besutan Xavi Hernandez tersebut. ''Saat ini, kami sudah tidak berbicara lagi soal itu.”

“Terkadang, pembicaraan di sepak bola tidak hanya soal apa yang ditunjukan pemain di lapangan. Namun, setiap saat, situasi bisa berubah. Kini, momen itu (melepas De Jong) sudah lewat, dan dia memiliki peran penting di tim utama,'' ujar Cruyff dalam wawancara dengan Sport, Kamis (8/12).

Salah satu penasihat Presiden Barcelona itu pernyataan De Jong soal tekanan dari sejumlah pihak terkait akhir kiprahnya bersama Blagurana sudah tidak relevan lagi.

Hal terpenting, ujar Cruyff, terletak pada keputusan De Jong untuk tetap memilih bertahan di Blaugrana. De Jong, tutur eks penggawa Barcelona itu, juga telah menunjukan kemampuannya pada sepanjang musim ini.

''Faktanya sekarang De Jong memilih untuk bertahan. Dia adalah pemain yang dicintai di klub ini. Orang mungkin berharap lebih pada dirinya, karena talenta yang dimiliki. Dia adalah pemain yang berbeda dan unik,'' kata anak dari legenda Barcelona, Johan Cruyff, tersebut.

Meski sempat diwarnai kabar kepergiannya dari Blaugrana pada awal musim ini, De Jong terbukti masih mendapatkan kepercayaan dari pelatih Xavi Hernandez untuk mengawal lini tengah Blaugrana.

Dari 14 laga yang telah dilakoni Blaugrana di pentas La Liga musim ini, De Jong tercatat tampil di 13 partai dan menyumbang dua gol dan satu assist.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA