Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Booster Kedua untuk Lansia di DIY Sudah Dimulai

Kamis 08 Dec 2022 12:45 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Hiru Muhammad

Petugas vaksinator menyuntikkan vaksin booster COVID-19 untuk lansia di Jogja Expo Center, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (13/1/2022). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar vaksinasi booster COVID-19 untuk 4.000 warga dengan prioritas utama lansia.

Petugas vaksinator menyuntikkan vaksin booster COVID-19 untuk lansia di Jogja Expo Center, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (13/1/2022). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar vaksinasi booster COVID-19 untuk 4.000 warga dengan prioritas utama lansia.

Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Para lansia di DIY mendapatkan undangan booster melalui aplikasi PeduliLindungi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Vaksinasi booster kedua untuk masyarakat di DIY sudah dimulai, setelah sebelumnya dimulai dengan tenaga kesehatan (nakes). Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, sasaran prioritas untuk booster kedua yakni lanjut usia (lansia). "Ini booster kedua kan juga sudah dimulai untuk lansia, lansia sudah mulai booster kedua," kata Aji saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (7/12/2022).

Aji menyebut, para lansia di DIY mendapatkan undangan booster melalui aplikasi PeduliLindungi. Saat ini, layanan vaksinasi booster juga sudah dapat diakses di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat. "Mereka dapat undangan di PeduliLindungi, kemudian diberi tahu dimana bisa mendapatkan booster kedua," ujar Aji.

Baca Juga

Pihaknya terus melakukan percepatan vaksinasi, terutama vaksinasi booster. Pasalnya, capaian vaksinasi untuk booster pertama di DIY masih di bawah 50 persen."(Percepatan) Itu kan terus kita lakukan," jelas Aji.

Percepatan dilakukan terlebih menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, mengingat pada libur nanti DIY akan kebanjiran kedatangan wisatawan. Pihaknya juga terus meminta tambahan alokasi vaksin kepada pemerintah pusat. "Vaksin yang ada di kita sebagian besar sudah kita didistribusikan ke kabupaten/kota," katanya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Yogyakarta sudah menyebut bahwa booster kedua untuk lansia di Kota Yogyakarta akan dimulai pertengahan Desember 2022. Booster kedua untuk lansia ini rencananya akan digelar secara massal.

"Tenaga kesehatan di setiap puskesmas juga kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik, kemungkinan pertengahan Desember nanti akan dimulai dan pelaksanaannya secara massal," kata Kepala Dinkes Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani.

Emma mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan OPD lainnya di Pemkot Yogyakarta untuk mendata jumlah lansia yang memenuhi syarat mendapatkan booster. Pendataan dilakukan agar distribusi vaksin untuk booster sesuai dengan kebutuhan. "Jadi vaksin yang didistribusikan dari pusat itu jumlahnya jelas, supaya tidak ada vaksin yang terbuang. Karena masa simpannya itu ada batas waktunya," ujarnya.

Tenaga kesehatan (nakes) untuk melaksanakan vaksinasi booster kedua ini juga disiapkan, sembari melakukan pendataan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan tiap puskesmas yang ada di kecamatan agar menyiapkan nakes guna melayani booster kedua ini.

Ditargetkan, kata Emma, setidaknya seribu lansia dapat tervaksin per harinya. "Tenaga kesehatan di setiap puskesmas juga kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik, kemungkinan pertengahan Desember nanti akan dimulai dan pelaksanaannya secara massal," jelas Emma.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA