Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Pernikahan Kaesang-Erina, Keluarga Perketat Protokol Kesehatan

Kamis 08 Dec 2022 12:37 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Petugas kesehatan melakukan pelayanan PCR dan antigen jelang rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, Kamis (8/12/2022).

Petugas kesehatan melakukan pelayanan PCR dan antigen jelang rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, Kamis (8/12/2022).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Ada layanan PCR untuk keluarga inti, dan vendor, serta antigen untuk tamu.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pihak keluarga memperketat protokol kesehatan jelang pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Layanan PCR dan antigen disediakan untuk keluarga inti dan vendor yang ikut mengurusi rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina.

"PCR itu diperiksa untuk keluarga inti dan vendor-vendor pelaksana yang lebih berdekatan lebih mengurusi langsung dengan keluarga dengan pengantin. Kalau PCR hasilnya lebih mendeteksi, lebih valid, lebih spesifik," kata staf umum Cito Laboratorium Yogyakarta, Sumari Hadiono, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga

Dio mengatakan, Cito Laboratorium diminta melakukan tes PCR terhadap sekitar 87 orang. Sementara tes antigen disediakan untuk 185 orang tamu undangan.

"Iya untuk data kami untuk periksa hari ini untuk PCR sekitar 87 tapi bisa tambah satu dua nanti, yang antigen sekitar 185," ujarnya.

Layanan tes PCR dan antigen hanya dilakukan hari ini. Sampel yang terkumpul akan diketahui hasilnya pukul 17.00 nanti.

"Kalau kami berkomitmen dengan pihak order dari EO itu nanti untuk PCR jam 5 sore baru hasil keluar. Karena sampel masih di sini jam 11 baru dibawa untuk diperiksa di laboratorium," kata dia.

Dio mengatakan, 10 anggota dikerahkan untuk pemeriksaan PCR dan antigen. Terdiri atas admin 2 orang, petugas swab 4 orang, petugas analisis 3 orang, dan 1 koordinator. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA