Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Keren, Ada Sertifikasi Internasional TOEIC untuk Siswa SMK

Kamis 08 Dec 2022 11:40 WIB

Red: Natalia Endah Hapsari

Perhelatan Sertifikasi TOEIC untuk para siswa SMK.

Perhelatan Sertifikasi TOEIC untuk para siswa SMK.

Foto: dok International Test Center
Nilai rata-rata TOEIC para siswa pun mengalami peningkatan signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, dalam menunjang daya saing di dunia kerja global. Hal tersebut pun disadari oleh para siswa SMK. Untuk menunjang kemampuan berbahasa asing itulah, kegiatan sertifikasi internasional TOEIC bagi siswa SMK di Indonesia tahun 2022 diselenggarakan oleh Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Perhelatan tersebut pun mencapai puncak rangkaian kegiatannya pada 7 Desember 2022 dengan penayangan acara Penganugerahan Penghargaan Siswa, Guru dan SMK Berprestasi secara langsung melalui zoom dan kanal Youtube resmi Direktorat SMK.

Pada kesempatan tersebut, CEO International Test Center, Jenny Lee menyampaikan dalam sambutannya bahwa animo dan antusiasme SMK di Indonesia terhadap program ini setiap tahunnya sangat luar biasa. 

''Sertifikasi internasional seperti TOEIC akan membuka pintu peluang masa depan yang lebih sukses bagi angkatan kerja global, termasuk para siswa atau calon lulusan SMK di Indonesia. Sehingga, upaya-upaya untuk mendorong peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Inggris di SMK akan memberikan dampak bagi peningkatan daya saing SDM di Indonesia saat ini dan ke depannya,'' ujar Jenny seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Republika, Kamis (8/12/2022).

Sebagai pelaku industri dan dunia usaha, Jenny Lee juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap SMK dan mengundang dunia industri di Indonesia untuk tidak ragu-ragu lagi melihat bakat-bakat di SMK yang unggul dalam kejuruannya, tapi juga dilengkapi dengan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Mereka akan menjadi aset yang sangat berharga bagi industri dan dunia usaha di Indonesia.

Undangan tersebut didukung oleh laporan hasil kegiatan yang disampaikan oleh Syaeful Wahidiat, Senior Program Manager dari International Test Center yang memaparkan peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Inggris yang terjadi di SMK  melalui program Sertifikasi Internasional TOEIC ini. 

Nilai rata-rata TOEIC siswa SMK peserta kegiatan Sertifikasi Internasional TOEIC tahun 2022 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Peningkatan nilai rata-rata TOEIC siswa SMK dari 443 pada tahun 2021 ke 491 pada tahun 2022 adalah kenaikan yang sangat signifikan. Karena dalam pembelajaran Bahasa Inggris, untuk meningkatkan satu poin skor TOEIC saja itu memerlukan upaya yang luar biasa sehingga ketika kami melihat adanya loncatan seperti ini. Kami sangat bangga!” tutur Syaeful Wahidiat.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Wardhani Sugiyanto, M.Pd, Direktur SMK dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya atas penerimaan dan pencapaian dari program Sertifikasi TOEiC di SMK tahun ini. Beliau juga menekankan pentingnya untuk melengkapi kompetensi kejuruan yang handal dengan kemampuan berkomunikasi secara internasional agar lulusan SMK mampu meraih setiap kesempatan yang ada di dunia kerja global. 

Menutup sambutannya, Dr. Wardhani juga mengajak para pemangku kepentingan SMK lainnya untuk bisa bersama-sama memberikan bantuan kepada para siswa SMK di daerah yang memiliki potensi namun tidak tersentuh oleh Direktorat SMK karena keterbatasan anggaran di pusat. Sehingga program sertifikasi TOEIC ini dapat diselenggarakan secara mandiri di unit sekolah atau dengan bantuan penggaran oleh Dinas Pendidikan Provinsi. 

Pada acara penganugerahan penghargaan ini diumumkan sederet kategori penghargaan atas prestasi yang berhasil diraih SMK pada tahun 2022, yaitu:

1.Kategori Siswa Terbaik dengan skor TOEIC tertinggi di tingkat nasional diraih oleh Clementia Chessa Gunawan dari SMK Bunda Mulia 1 dan Argya Rizky Fadillah Wibowo dari SMKN 22 Jakarta yang sama-sama meraih skor sempurna, yaitu TOEIC 990.

2.Kategori Guru Berpengaruh diraih oleh Ary Sunaryo dari SMKN 1 Boyolangu

3.Kategori SMK Terbaik diraih oleh SMK Strata Daan Mogot

Program sertifikasi kemampuan Bahasa asing dengan TOEIC di SMK telah menjadi wadah bagi para guru SMK dalam mendorong peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Inggris di SMK. 

“Kegiatan ini luar biasa sangat konstruktif, sangat positif, terutama untuk kami guru-guru SMK dan juga murid-murid SMK dengan adanya kegiatan ini setiap tahun. Ini akan menantang kami untuk terus mengasah kemampuan berbahasa asing, yaitu Bahasa Inggris sebagai bahasa yang sangat penting di era digital seperti sekarang,” tutur Aep Rahman, Guru Bahasa Inggris SMK Telkom Bandung.

Dia pun berharap agar program Sertifikasi Internasional TOEIC ini tetap diselenggarakan pada tahun-tahun kedepannya.

Noreencia Beatrice, alumni SMAK Bogor yang saat ini bekerja sebagai staf litbang di PT Wijaya Adiputera Perkasa yang bergerak di bidang manufaktur dan distributor bahan pangan natural, menuturkan pengalamannya bagaimana mencantumkan Score TOEIC dalam CV sangat membantunya dalam memperoleh pekerjaan.

Karena tuntutan pekerjaannya saat ini memerlukan kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan supplier dari mancanegara seperti Jerman, Belanda dan China. Selain itu dokumen-dokumen informasi produk juga ditulis dalam Bahasa Inggris, sehingga sebagai staf litbang wajib menguasai bahasa Inggris.

Di samping membuka peluang di dunia kerja, sertifikasi internasional TOEIC juga membuka peluang lainnya bagi pelajar SMK. Salah satunya adalah untuk memperoleh beasiswa Sakura Science Highschool Program yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Jepang. 

Dari lima pelajar yang mewakili Indonesia pada program Sakura, tiga di antaranya berasal dari SMK. Salah satu peserta program Sakura, Qeyla Raiq Alva dari SMK Wikrama Bogor, menyampaikan kegembiraanya dapat terpilih sebagai perwakilan Indonesia pada Program Sakura ini yang salah satu persyaratan seleksinya menggunakan TOEIC.

sumber : siaran pers
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA