Kamis 08 Dec 2022 06:09 WIB

Forum Zakat Siap Gelar IGF-Zakat Expo 2022

IGF-Zakat Expo 2022 siap digelar Forum Zakat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Forum Zakat Siap Gelar IGF-Zakat Expo 2022. Foto: Ilustrasi Zakat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Forum Zakat Siap Gelar IGF-Zakat Expo 2022. Foto: Ilustrasi Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Zakat (FOZ) akan menggelar Indonesia Giving Fest (IGF)-Zakat Expo 2022 pada 23-25 Desember mendatang di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Pameran ini akan menampilkan berbagai lembaga zakat beserta program berbasis dana zakat.

Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto mengatakan, festival ini akan melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat.  Dia pun mengajak kepada masyarakat untuk datang pameran agar mengetahui apa saja yang dilakukan berbagai lembaga zakat di Indonesia.

Baca Juga

“Persiapannya sudah sangat matang, kita tinggal menunggu saja event-nya terlaksana di tanggal 23-25 di Istora Senayan. Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat,” ujar Budi saat ditemui dalam agenda Ruang Tengah yang digelr di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2022).

Dalam kegiatan ini, FOZ akan menampilkan beragam pameran, kajian, konferensi, networking session, social empowerment competition, live donation dan charity concert. FOZ juga akan mengundang tokoh publik atau artis untuk berbagi pengalaman tentang inadahnya berbagi. Dalam tiga hari perhelatan, Budi menargetkan sekitar 15 ribu pengunjung

“Kami juga mengundang influencer untuk datang di situ membuat konten lembaga zakat, kami menargetkan 15 ribu orang datang,” ucap Budi.

Pada pameran, akan menampilkan berbagai lembaga zakat beserta program berbasis dana zakat dan dampaknya bagi kemiskinan. Selain itu, akan ada Zakat Award yaitu ajang penghargaan bagi program Zakat dengan portfolio terbaik dari OPZ Anggota FOZ di seluruh Indonesia yang telah memberikan kontribusi dan solusi nyata untuk menjawab tantangan pembangunan masyarakat dan pengentasan masalah kemiskinan di Indonesia.

Budi menambahkan, IGF-Zakat Expo 2022 digelar pertama kalinya untuk membuat gerakan zakat bersama-sama, sehingga masyarakat bisa lebih merasa aman dan nyaman dalam menyalurkan zakatnya. “Secara target dan efek, kami berharap masyarakat lebih percaya lebih merasa aman dan merasa nyaman menyalurkan ke lembaga zakat yang ada di Indonesia,” kata Budi.

Di acara yang sama, GM Communication & Corporate Secretary Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi menjelaskan, IGF-Zakat Expo 2022 adalah suatu inisiasi dari FOZ untuk mengekspos peran lembaga zakat dalam mengelola dana zakat secara profesional.

“Nah, kalau Dompet Dhuafa besok itu mejadi salah satu partisipan yang ingin ikut terlibat, karena kami memang punya kepentingan memberikan edukasi dan publikasi kepada masyarakat bahwa dana zakat yang dikelola dengan maksimal, itu insyaAllah bisa mengentaskan kemiskinan, bisa meningkatkan martabat hidup masyarakat marginal,” jelas Dian.

Dengan berpartisipasi, menurut dia, Dompet Dhuafa juga ingin mengajak measyarakat luas agar peduli terhadap gerakan zakat dan terlibat langsung dalam gerakan zakat. “Dan kami berharap di Indonesia giving festival besok, itu benar-benar bisa menjadi sarana bagi semua OPZ yang terlibat memaksimalkan kemampuannya, kompetensinya, profesionalitasnya terus ditampilkan di situ,” kata Dian.

Dia berharap, dalam avent IGF-Zakat Expo 2022 ini nantinya juga bisa ditampilkan peran Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) terkait bancana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. “Agar kejadian hari ini di Cianjur itu bisa ditampilkan di sana bagaimana peran OPZ terlibat langsung dalam membantu masyarakat yang terdampak dari bencana, memanfaatkan dana zakat untuk penangananan kasus bencana itu,” jelas Dian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement