Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Netflix Buka Lebar Peluang untuk Sineas Wanita Hebat dari Dunia Arab 

Kamis 08 Dec 2022 03:32 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah

Logo Netflix.  Netflix mendorong para sineas wanita dari negara-negara Arab untuk berkarya

Logo Netflix. Netflix mendorong para sineas wanita dari negara-negara Arab untuk berkarya

Foto: AP Photo/Dan Goodman
Netflix mendorong para sineas wanita dari negara-negara Arab untuk berkarya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Platform streaming video global Netflix belum lama ini merilis koleksi khusus 21 film Arab pada 2022 oleh sineas wanita dengan beragam genre.

Ini termasuk dokumenter, drama, dan romansa yang merupakan bagian dari koleksi khusus berjudul “Because She Created.”

Baca Juga

Selama enam hari pertama Red Sea International Film Festival (RSIFF), Netflix menyelenggarakan ruang kreatif di Red Sea Souk untuk merayakan semangat kepeloporan empat sineas wanita ikonik dari dunia Arab. 

Mereka adalah Hana Al-Omair dari Arab Saudi, Hend Sabri, dan Kaouther Ben Hania dari Tunisia, serta Tima Shomali dari Yordania.

Ruang ini bertujuan untuk memperkuat suara sineas wanita kepada audiens internasional sehingga lebih banyak cerita dari dunia Arab yang dapat dicintai secara global. 

Al-Omair mengatakan dia suka menambahkan elemen perempuan ke kru kerjanya karena itu akan menambahkan keseimbangan.

“Saya pribadi berpikir bahwa di depan dan di belakang kamera, semakin banyak karakter wanita, semakin baik,” kata Al-Omair, dikutip Arab News, Rabu (7/12/2022).

Al-Omair merupakan sutradara pemenang penghargaan dan wanita di balik serial drama thriller Arab Saudi pertama di Netflix "Whispers.”

Dia mengatakan "Whispers" mencerminkan pemberdayaan perempuan di lapangan melalui serial drama.

“Ada begitu banyak wanita yang bekerja di bidang berbeda yang belum pernah kami angkat di layar. Netflix adalah platform yang sempurna untuk menampilkan serial karena membantu saya dalam menceritakan kisah wanita Arab Saudi dalam sebuah cara yang tidak biasa,” ujarnya.

Selain Al-Omair, Shomali juga merupakan salah satu pembuat film wanita terkenal lainnya. Dia adalah sosok di balik serial “Al Rawabi School for Girls.” “Saya merasa ini adalah tanggung jawab saya untuk mendukung bakat perempuan yang muncul dalam pembuatan film karena saya tidak memiliki perjalanan yang mudah, Banyak orang memberi saya kesempatan untuk bangkit dan sekarang saya tertarik untuk memberikan kembali kesempatan bagi para wanita muda yang bersemangat di industri film,” ucap dia.

Netflix meluncurkan platform “Because She Created” pada tahun lalu sebagai diskusi panel virtual yang menghadirkan para pembuat film wanita Arab. Nuha El-Tayeb, Direktur Akuisisi Konten Netflix di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Turki juga hadir di acara tahun ini.

“Yang penting bagi kami adalah membawa cerita-cerita Arab dari wilayah kami yang menargetkan pasar lokal dan ke seluruh dunia,” kata El-Tayeb. 

 

 

Sumber: arabnews   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA