Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Pemkot Jakarta Pusat Gencarkan Pertanian Perkotaan

Rabu 07 Dec 2022 22:13 WIB

Red: Nur Aini

Warga merawat berbagai jenis tanaman sayur ilustrasi. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggencarkan pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) di wilayah tersebut.

Warga merawat berbagai jenis tanaman sayur ilustrasi. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggencarkan pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) di wilayah tersebut.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemkot Jakarta Pusat menyarankan penanaman hidroponik untuk pertanian perkotaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) menggencarkan pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) di wilayah tersebut. Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, penanaman sayuran tidak harus pada area langsung di tanah. "Penanaman sayuran tidak harus di tanah tetapi juga bisa di rak-rak semacam ini (hidroponik)," kata Dhany Sukma di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Ia mengungkapkan, Jakarta Pusat merupakan pusat Ibu Kota yang pertumbuhan pembangunannya begitu pesat sehingga area-area terbuka publik terbatas. Tetapi bukan berarti menyurutkan untuk mencari ruang melakukan aktivitas yang menunjang ketahanan pangan. "Untuk di Jakarta Pusat sudah cukup banyak rak-rak hidroponik yang tersebar di tiap wilayah dan harapan kita semua lingkungan RT hingga RW bisa memanfaatkan metode hidroponik sehingga semua dapat menikmati hasilnya," katanya.

Baca Juga

Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKPKota Administrasi Jakarta Pusat, Penty Yunesi mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan pengembangan pertanian perkotaan. "Kali ini didistribusikan 40 unit rak hidroponik dengan saranannya termasuk benih yang diserahkan kepada tokoh masyarakat atau pelaksana hidroponik, untuk dikembangkan menjadi sentra baru titik 'urban farming'," ujar Penty.

Penty menjelaskan, telah sebanyak 148 titik "urban farming" di Jakarta Pusat (Jakpus) sehingga adanya kegiatan ini dapat menambah titik di wilayah masyarakat. "Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin dan meningkatkan ketahanan pangan serta memiliki kemandirian pangan di wilayah Jakarta Pusat," katanya.

Penyerahan rak hidroponik kepada kelompok masyarakat berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA