Rabu 07 Dec 2022 21:13 WIB

Langkah-Langkah Pijat Bayi untuk Redakan Batuk, Pilek, dan Kembung

Aktivitas memijat dapat meningkatkan bonding orang tua dengan bayinya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pijat bayi (Ilustrasi). Ayah dan ibu bisa memijat sendiri bayinya di rumah, tak harus di baby spa.
Foto: flickr
Pijat bayi (Ilustrasi). Ayah dan ibu bisa memijat sendiri bayinya di rumah, tak harus di baby spa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pijat bayi biasanya diserahkan para ibu kepada ahlinya, seperti terapis di baby spa dan massage. Sebetulnya, beberapa langkah yang bisa diikuti para ibu untuk melakukannya sendiri di rumah, terlebih pijat bayi juga bisa meningkatkan bonding dengan anak.

Pemilik VY Mom and Baby Care, bidan Evi Putri Damayanti, memaparkan langkah-langkah memijat bayi dengan benar. Pijat ini tentunya memberi sentuhan pada anak, dan ketika ibu memberikan sentuhan kepada anak, otomatis anak akan lebih membutuhkan ibunya.

Baca Juga

"Karena dia tahu dia merasa dicintai, merasa kalau orang tuanya lebih memperhatikannya. Berbeda dengan anak-anak yang jarang disentuh, biasanya kalau anak jarang disentuh, gedenya ketemu sama mama 'Nak sini peluk' itu pasti nggak mau," kata Evi dalam peluncuran logo baru Cessa di Jakarta, dikutip Rabu (7/12/2022).

Sebelum memijat, Evi mengingatkan untuk memosisikan bayi senyaman mungkin. Beri alas yang empuk dan nyaman. 

Memijat bayi yang sedang batuk pilek

Pijatan ini gunanya untuk membantu mengeluarkan lendir yang ada di hidung anak dan mengencerkan dahak di paru-paru atas. Untuk pilek, pijatlah di area bawah mata sejajar hidung menggunakan jari telunjuk atau jempol kemudian dari batang hidung atas ke bawah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement