Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Survei: Pelembap Jadi Skincare Penting untuk Wanita di Indonesia

Kamis 08 Dec 2022 00:39 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Produk perawatan kulit yang melembapkan lebih banyak dicari dibanding antijerawat. Ilustrasi.

Produk perawatan kulit yang melembapkan lebih banyak dicari dibanding antijerawat. Ilustrasi.

Foto: www.freepik.com
Produk perawatan kulit yang melembapkan lebih banyak dicari dibanding antijerawat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry mengungkapkan pelembap menjadi salah satu produk perawatan kulit yang penting bagi wanita di Indonesia.

"Pelembap menjadi salah satu bahan yang penting untuk skincare saat ini, bukan hanya whitening, menghilangkan jerawat. Karena kalau kita ngopi saja, kulit menjadi kering. Jadi, harus kita kembalikan lagi kelembapannya," kata dia di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Temuan ini merujuk pada ZAP Beauty Index 2023, survei tahunan yang bekerja sama dengan MarkPlus dalam memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan. Tahun ini, survei itu melibatkan sekitar 9000 responden wanita atau meningkat sebanyak 3000 orang dari tahun 2021. Mereka ini berusia 15 hingga 65 tahun di seluruh Indonesia.

Produk perawatan kulit dengan manfaat melembapkan lebih banyak dicari sebanyak 60 persen dibandingkan manfaat antijerawat yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas. Pada tahun sebelumnya, sebanyak 53,8 persen wanita lebih mencari manfaat antijerawat dan 53,6 persen mencari manfaat melembapkan.

Lebih lanjut, setidaknya ada empat produk perawatan kulit yang digunakan wanita termasuk pelembap yakni pembersih wajah atau facial wash, tabir surya, dan toner. "Kalau dulu two atau three in one mungkin cukup. Sekarang tidak. Semakin detil semakin berasa impact-nya masing-masing. Minimal facial wash, sunscreen, moisturizer, dan toner," tutur Yosanova.

Menurut dia, merujuk survei, kesadaran wanita terhadap produk perawatan kulit semakin tajam seiring informasi yang cukup luas. Ini menjadikan wanita lebih pintar dalam memilih produk yang cocok dengan kulit mereka.

Ini sejalan dengan temuan lain dalam survei yakni perawatan sebagai kegiatan yang disukai wanita di Indonesia terkait dengan kecantikan. Sebanyak 36,2 persen responden mengaku melakukan perawatan kulit wajah di klinik sebagai hobi. "Lebih dari 50 persen wanita Indonesia menganggap kegiatan yang berkaitan dengan perawatan kulit lebih menarik dibandingkan belanja pakaian, sepatu, dan tas," kata Yosanova.

Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai lebih dari 50 persen wanita di Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai fokus wanita Indonesia terhadap kulit kusam. Definisi cantik bagi wanita yakni kulit yang mulus dan bertubuh sehat serta bugar.

"Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Temuan ZAP Beauty Index 2023 menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri," ujar Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA