Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Ginting Kalahkan Jonatan di Pertandingan Perdana World Tour Finals 2022

Rabu 07 Dec 2022 17:00 WIB

Red: Muhammad Akbar

Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Chi You Qi dari China pada pertandingan putaran ketiga tunggal putra Kejuaraan Dunia BWF 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium di Tokyo, Jepang, 25 Agustus 2022.

Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Chi You Qi dari China pada pertandingan putaran ketiga tunggal putra Kejuaraan Dunia BWF 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium di Tokyo, Jepang, 25 Agustus 2022.

Foto: EPA-EFE/KIMIMASA MAYAMA
Ginting mencetak kemenangan tiga gim 6-21, 21-10, 21-16 dari Jonatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memenangi persaingan dengan rekan senegara, Jonatan Christie, pada pertandingan babak penyisihan Grup B World Tour Finals 2022 yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Rabu (7/12).

Meski sempat tertinggal pada gim pertama, akhirnya Ginting mencetak kemenangan tiga gim 6-21, 21-10, 21-16 atas unggulan keempat berkat pola permainan yang solid dan ulet pada dua gim terakhir.

Jonatan menggenggam dominasi penuh atas rekan senegaranya meski sempat mengalami sedikit perlawanan saat pertandingan baru dimulai. Unggul dengan 1-3, Ginting membalas dengan perolehan tiga poin beruntun hingga unggul 4-3.

Namun skor tersebut menjadi satu-satunya keunggulan yang dimiliki Ginting karena setelahnya dikuasai penuh oleh Jonatan. Tak perlu waktu lama bagi Jonatan untuk mendongkrak poin.

Ginting yang masih belum menemukan konsistensi permainan, menjadi bulan-bulanan Jonatan yang justru terus menggandakan poin. Jonatan mengamankan interval awal dengan skor 4-11, lalu menjadi 5-16, dan menutup gim pertama dengan 6-21 dalam 12 menit.

Ginting enggan mengulangi kesalahan yang sama pada gim kedua. Kali ini ia bermain lebih sabar dan banyak memberikan umpan-umpan menyilang untuk mengecoh pergerakan Jonatan.

Jonatan yang lebih dulu panas menjadi sulit untuk diatasi pada awal gim kedua, namun Ginting yang lebih ulet baru menikmati keunggulan pada jeda interval dengan mencatatkan skor 11-9.

Lepas jeda interval, ayunan raket Ginting semakin nyaman dan memiliki pola permainan yang lebih solid. Hal itu mendorong Ginting untuk memenangi gim kedua setelah berjuang selama 15 menit dengan skor 21-10.

Pada gim ketiga, Ginting meraih kemenangan lewat permainan yang tetap konsisten. Pada gim penentu itu, kedua pemain berupaya menekan satu sama lain.

Beruntung bagi Ginting, ia turut dimudahkan berkat sejumlah kesalahan yang dilakukan Jonatan sehingga memberinya poin cuma-cuma untuk mengantarnya pada keunggulan.

Pebulu tangkis jebolan klub SGS PLN Bandung itu pun sukses mengamankan kemenangan pertama pada fase penyisihan Grup B tunggal putra World Tour Finals, demikian laporan BWF menyebutkan pada laman resminya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA