Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Resep Satai Rembiga, Cocok untuk Hidangan Kumpul-Kumpul di Malam Tahun Baru

Rabu 07 Dec 2022 16:00 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Satai Rembiga ala Bu Sinnaseh. Kuliner asli Lombok ini cocok untuk dijadikan hidangan kumpul-kumpul pada malam pergantian tahun.

Satai Rembiga ala Bu Sinnaseh. Kuliner asli Lombok ini cocok untuk dijadikan hidangan kumpul-kumpul pada malam pergantian tahun.

Foto: dok. Bango
Satai rembiga merupakan kuliner khas Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satai rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Di Festival Jajanan Bango (FJB) 2022, kulinier yang disajikan oleh salah satu penjaja sate rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya.

Chef Ragil Imam Wibowo menyebut satai rembiga bisa menjadi alternatif menarik untuk menghangatkan momen kebersamaan di pengujung tahun sekaligus memperkenalkan ragam kelezatan hidangan autentik ke seluruh anggota keluarga ataupun kerabat. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat cita rasanya begitu berbeda dengan satai lainnya.

Baca Juga

"Di FJB 2022 lalu, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa autentik, tapi juga mudah untuk diolah. Akhirnya kami sepakat memilih satai rembiga dan iga sapi bakar," ujar chef Ragil dalam acara demo masak virtual bertema "Hidangkan Resep Kuliner Legendaris Ala FJB di Rumahmu", Selasa (6/12/2022).

Menurut chef Ragil, kedua menu tersebut memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya. Ia menilai kuliner tersebut patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi.

"Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah," tuturnya.

photo
Satai rembiga - (Republika/Andrian Saputra)

Resep Sate Rembiga Ala Ibu Sinnaseh

Total waktu pembuatan: 45 menit

Tingkat kesulitan: Sedang

Bahan-bahan:

Saus rembiga

120 gram bawang putih cincang

50 gram kecap manis Bango

10 gram terasi Lombok

100 gram cabai merah besar

50 gram cabai keriting

50 gram minyak goreng

100 gram air250 gram daging sapi bagian has dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disatai

100 gram saus rembiga

2 gram garam

5 buah tusuk satai

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA