Rabu 07 Dec 2022 15:45 WIB

Peduli Sesama, Kilang Pertamina Balongan Kumpulkan Lebih 300 Kantong Darah

Donor darah ini merupakan agenda rutin setiap 3 bulan.

Kegiatan donor darah di Kilang Pertamina Balongan ini kembali diselanggarakan berkat kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon.
Foto: Istimewa
Kegiatan donor darah di Kilang Pertamina Balongan ini kembali diselanggarakan berkat kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kegiatan sosial guna membantu para pasien yang membutuhkan darah kembali digelar PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balongan. Pada aksi donor darah yang dilaksanakan pada Rabu (07/12) ini, bagian Health Unit Balongan selaku penyelenggara berhasil mengumpulkan 342 kantong darah dari para pendonor.

Kegiatan donor darah di Kilang Pertamina Balongan ini kembali diselanggarakan berkat kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon. Dr Okvianto Putra dari Health Unit Balongan mengatakan, donor darah ini merupakan agenda rutin setiap 3 bulan guna membantu para pasien rumah sakit yang membutuhkan darah. "Alhamdulillah antusias pendonor sangat besar, semoga darah yang disumbangkan dapat menolong nyawa para pasien di rumah sakit" paparnya.

Dr Putra mengatakan, kesadaran keluarga besar Kilang Pertamina Balongan dan masyarakat sekitar untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup sudah semakin tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang ingin melakukan donor darah namun belum tertangani karena keterbatasan waktu. "Selain itu juga selalu ada pendonor baru yang hadir," ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (7/12/2022).

Selain donor darah, pada kegiatan yang sama juga dilakukan Voluntary Conselling and Testing (VCT) HIV Aids yang bekerjasama dengan tim medis dari Puskesmas Margadadi. 

Kegiatan VCT diikuti 100 orang peserta dengan hasil keseluruhan dinyatakan negatif virus HIV Aids. Yadi, salah satu pekerja mitra di KPI Unit Balongan mengaku tidak pernah melewatkan aksi donor darah dan VCT yang diselenggarakan perusahaan. Menurutnya selain bisa membuat badan sehat, juga bentuk ibadah dalam membantu sesama.

"Alhamdulillah sebisa mungkin ikut donor darah biar sama-sama dikasi kesehatan", ungkap Yadi.

Pelaksanaan kegiatan juga tetap mengutamakan aspek pencegahan Covid-19, dimana setiap peserta sebelum memasuki gedung diharuskan melakukan swab antigen dan selalu menggunakan masker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement