Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Cara Mengatasi Google Drive yang Penuh

Rabu 07 Dec 2022 15:23 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Google Drive

Google Drive

Foto: CNN
Google Drive menawarkan penyimpanan cloud yang cukup besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua orang menggunakan layanan Google baik untuk email maupun untuk fungsi-fungsi lain. Jika Anda menggunakan alat produktivitas Google, Anda mungkin mengalami Penyimpanan Penuh Google Drive.

Google Drive menawarkan penyimpanan cloud yang cukup besar dengan akses dari lokasi mana pun melalui beberapa perangkat. Namun, Google Drive bisa menjadi penuh saat Anda terus menggunakannya sebagai tempat penyimpanan untuk banyak file dan folder.

Baca Juga

Biasanya, Anda akan mendapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB yang cukup layak dari Google Drive. Perlu diingat penyimpanan gratis ini akan cepat penuh terutama jika Anda memiliki kebiasaan membiarkan konten lama atau yang tidak diinginkan tetap berada di sana.

Dilansir dari Tech Radar, Rabu (7/12/2022) untuk mencegah Penyimpanan Google Drive Penuh, berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan:

Periksa Kuota Anda

Anda mendapatkan 15GB penyimpanan cloud gratis melalui Google Drive. Google Drive adalah wadah penyimpanan utama untuk konten dengan drive itu sendiri, tetapi juga Gmail dan Google Foto. Cek apa yang disimpan di Google Drive di https://one.google.com/storage.

Lakukan Pembersihan

Setelah Anda tahu apa saja yang tersimpan di Google Drive, Anda akan memiliki ide apa  saja yang mungkin perlu dihapus. Coba telusuri Gmail untuk mengidentifikasi email tebal, katakanlah 10MB atau lebih, dan hapus jika tidak diperlukan lagi.

Kompres Foto Anda

Kita tentu sering mendapat kiriman foto yang semuanya memakan tempat di Google Drive. Beberapa ponsel juga menyimpan gambar beresolusi tinggi, yang memperbesar ukuran file.

Anda dapat mengatasi ini dengan menggunakan Google Photos untuk mengompressi gambar apa pun yang tidak perlu Anda pertahankan dalam resolusi aslinya. Ini dapat memberi Anda keuntungan besar dalam penyimpanan, selama Anda tidak keberatan mengobarkan kualitas.

Kosongkan Trash

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda telah berhasil menyingkirkan file yang tidak diinginkan, Anda mungkin masih bisa mencari file itu di kotak sampah Google Drive. Jika tidak menginginkan file tersebut, tekan ikon Hapus Selamanya.

Jika Anda tidak yakin untuk menghapus beberapa file, salah satu opsinya adalah mendaftar ke layanan penyimpanan cloud lain. Banyak di antaranya juga gratis atau membebankan biaya nominal jika Anda tidak memiliki data dalam jumlah besar untuk dikelola.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA