Rabu , 07 Dec 2022, 09:39 WIB

Ini Goncalo Ramos, Wonderkid yang Gantikan Posisi Ronaldo Bayar Lunas Kepercayaan Santos

Rep: Frederikus Bata / Red: Gilang Akbar Prambadi
 Goncalo Ramos dari Portugal merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Portugal dan Nigeria di stadion Jose Alvalade di Lisbon, Kamis, 17 November 2022. Tim Portugal akan berangkat ke Qatar pada hari Jumat untuk mengikuti Piala Dunia.
Foto AP/Armando Franca

Goncalo Ramos dari Portugal merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Portugal dan Nigeria di stadion Jose Alvalade di Lisbon, Kamis, 17 November 2022. Tim Portugal akan berangkat ke Qatar pada hari Jumat untuk mengikuti Piala Dunia.

Selama 74 menit bermain, Ramos mencetak tiga gol.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Satu nama mencuat saat Portugal mengatasi perlawanan Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dia adalah Goncalo Ramos.

Ia tiga kali menjebol gawang lawan. Secara keseluruhan Selecao das Quinas menang 6-1 atas Rossocrociati di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Ramos membayar lunas kepercayaan pelatih Fernando Santos terhadapnya.

Baca Juga

Beberapa kali, ia merepotkan lini belakang Swiss. Penyerang asal klub Benfica ini menorehkan rekor fantastis. Pada usia 21 tahun 169 hari, ia pemain termuda yang mencetak hattrick di Piala Dunia sejak legenda Hungaria, Florian Albert melakukannya pada 1962.

"Malam yang luar biasa bagi Goncalo Ramos. Dengan semua tekanan untuk menggantikan salah satu pesepak bola hebat. Dia mencetak hatrrick. Hebat," demikian cuitan pundit sekaligus mantan penggawa Inggris, Gary Lineker di twitternya, dikutip dari BBC Sports International.

fnMw8rlitF0

Tak berlebihan pernyataan Lineker. Ramos mengisi tempat yang biasa dihuni Cristiano Ronaldo. Nama terakhir berada di bangku cadangan.

Keputusan Santos terbukti tepat. Selama 74 menit bermain, Ramos melepaskan enam tembakan. Lima di antaranya tepat sasaran. 

Jika sedikit melihat ke belakang, sosok kelahiran Olhao itu sudah menunjukkan tajinya di level tertinggi. Sejauh musim ini berjalan, ia mencetak 14 gol dan menyumbang enam assists dalam 21 pertandingan bersama Benfica. Timnya merajai Liga Portugal dan lolos ke babak knock out Liga Champions.

Hanya saja, ia belum banyak mendapat kepercayaan di timnas. Sebelum melawan Swiss, ia hanya mentas selama 33 menit pada babak penyisihan. Ia bahkan tidak diturunkan sama sekali ketika Portugal bertemu Korea Selatan.

Namun melihat penampilannya di Lusail, situasi bisa berubah. Tidak ada jaminan bagi Ronaldo untuk kembali menjadi pemain inti di pertandingan berikutnya. Kendati menurut pundit asal Inggris lainnya, Ian Wright, CR7 masih bisa berkontribusi positif untuk tim tersebut.

"Jika dia menerima semuanya dengan baik di kepalanya, dia bisa saja mencetak gol kemenangan untuk mereka di final," ujar Wright.

Selecao das Quinas jumpa Maroko di perempatfinal. Duel tersebut berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
goncalo ramos hattrick goncalo ramos goncalo cristiano ronaldo timnas portugal portugal vs swiss piala dunia 2022 cristiano ronaldo bangku cadangan
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya