Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

4 Tahun Berjalan, Capaian Zakat di Kabupaten Inhil Naik Empat Kali Lipat

Selasa 06 Dec 2022 23:11 WIB

Red: Gita Amanda

Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Mahyudin mengungkapkan keberhasilan program Kampung Zakat.

Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Mahyudin mengungkapkan keberhasilan program Kampung Zakat.

Foto: Bimas Islam Kemenag
Kampung Zakat berdampak positif dalam pembangunan di Desa

REPUBLIKA.CO.ID, KEPULUAN MERANTI -- Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Mahyudin mengungkapkan keberhasilan program Kampung Zakat di Desa Sungai Beringin, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Hal ini ia sampaikan saat memberi sambutan dalam acara launching Kampung Zakat di Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (6/12/2022).

Mahyudin mengatakan, program Kampung Zakat berdampak positif dalam pembangunan di Desa Sungai Beringin yang telah diluncurkan pada 2019. Ia mencontohkan, dana zakat yang terkumpul saat ini melonjak drastis dari hanya sekitar Rp 500 juta menjadi Rp 2 miliar per tahun.

"Ini menunjukkan program Kampung Zakat mampu meningkatkan pengumpulan zakat di Kabupaten Inhil karena masyarakat dapat melihat hasilnya," ungkap Mahyudin.

Mahyudin menyampaikan, dana zakat yang terkumpul dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat, pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu), hingga rehabilitasi sejumlah madrasah, musala, dan masjid. Selain itu, ia mengungkapkan, sejumlah pemerintah daerah (Pemda) juga ingin menerapkan program ini di daerahnya masing-masing.

"Saat ini, sudah ada permintaan dari Bupati Siak dan Bengkalis yang siap untuk menerapkan program Kampung Zakat di daerahnya," imbuhnya dalam siaran pers.

Ia berharap, lokasi Kampung Zakat akan segera bertambah setiap tahun di wilayah Provinsi Riau. Menurutnya, program ini cukup strategis dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kampung Zakat di Kabupaten Kepulauan Meranti ini merupakan yang kedua di Provinsi Riau. Semoga program ini semakin berkembang di tiap kabupaten dan kota sesuai arahan dari Dirjen Bimas Islam," tutupnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA