Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Luncurkan Kampung Zakat Desa Sungai Cina, Dirzawa Serahkan Bantuan bagi Warga

Selasa 06 Dec 2022 23:00 WIB

Red: Gita Amanda

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga di Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga di Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Foto: Bimas Islam Kemenag
Bantuan sembako menjadi langkah awal dari program Kampung Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, KEPULAUAN MERANTI -- Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga di Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini dilakukan usai meresmikan Desa Sungai Cina sebagai lokasi Kampung Zakat ke-19 di Indonesia.

Tarmizi yang didampingi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Mahyudin memberi bingkisan sembako kepada Aminah (65 tahun), warga Desa Sungai Cina. Ia berharap, bantuan sembako tersebut menjadi langkah awal dari program Kampung Zakat di desa tersebut.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban ibu dan keluarga. Ke depan, warga Desa Cina ini akan mendapat pelatihan dari pihak Baznas, LAZ, dan Pemda agar terampil dan mandiri," ujar Tarmizi, dalam siaran persnya.

Selain itu, Tarmizi juga memberi bantuan berupa peralatan ibadah secara simbolis kepada puluhan warga yang hadir. Di antaranya bantuan modal bagi peternak ikan, pembangunan masjid dan musala, serta beasiswa bagi MTs Negeri 2 Kepulauan Meranti.

Sementara itu, Aminah mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas kedatangan pria asal Sungai Tohor ke kediamannya tersebut. Ia berharap, dengan ditetapkan Desa Sungai Cina sebagai lokasi Kampung Zakat, dapat meningkatkan taraf hidupnya dan warga setempat.

"Mudah-mudahan semua yang ikut membantu dalam program Kampung Zakat ini mendapat berkah dari Allah SWT. Saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya," ujar Aminah.

Sebagai informasi, Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti telah ditetapkan sebagai lokasi Kampung Zakat. Program ini merupakan upaya pemberdayaan ekonomi umat melalui optimalisasi dana zakat di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA