Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Magetan Percepat Vaksinasi Covid-19 Booster

Selasa 06 Dec 2022 21:39 WIB

Red: Nur Aini

Vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19 ilustrasi. Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur berupaya mempercepat pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau penguat (booster) bagi warga sasaran.

Vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19 ilustrasi. Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur berupaya mempercepat pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau penguat (booster) bagi warga sasaran.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Magetan kejar target capaian vaksinasi covid-19 booster

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur berupaya mempercepat pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau penguat (booster) bagi warga sasaran. Hal itu guna memberikan perlindungan penuh dalam menyikapi tren kasus Covid-19 di Tanah Air yang menunjukkan peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan Magetan dr Rahmat Hidayat mengatakan salah satu upaya mempercepat tersebut dengan menggelar Gebyar Vaksin Booster Covid-19 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kodam V/Brawijaya, dan Polda Jawa Timur. "Target utama dalam kegiatan ini adalah untuk mengejar target capaian vaksin booster. Karena sesuai data per tanggal 5 Desember 2022, pemberian vaksin booster di Magetan baru mencapai 25 persen," ujar dr Rahmat di Magetan, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, capaian tersebut masih minim. Karena sesuai instruksi pemerintah pusat, target capaian vaksin booster untuk daerah, minimal adalah 30 persen atau diupayakan bisa mencapai 50 persen dari sasaran.

Adapun sesuai data, jumlah warga yang menjadi target sasaran vaksin di Kabupaten Magetan secara keseluruhan mencapai sekitar 532.141 orang. "Target kegiatan hari ini sasarannya adalah masyarakat umum, yakni siapapun yang belum melakukan vaksin Covid-19, baik dosis 1 maupun 2, namun utamanya adalah yang booster. Dalam kegiatan ini disediakan sebanyak 1.000 dosis," kata dia.

 

Ia juga meminta warga Magetan tetap menjaga dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 selain mendapatkan vaksin. Disiplin prokes dilakukan dengan menggunakan masker secara benar yakni menutupi hidung dan dagu, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. "Utamanya adalah memakai masker, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, meskipun sudah ada kelonggaran," kata dia.

Dengan mendapatkan vaksin dan disiplin prokes, harapannya masyarakat dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari paparan Covid-19. Sementara, kegiatan gebyar vaksinasi di Pendopo Surya Graha Magetan juga dihadiri Bupati Magetan Suprawoto, Ketua DPRD Magetan, Kapolres Magetan, Dandim Magetan. Sekdakab Magetan, Kepala OPD terkait, dan tamu undangan lainnya.

Tercatat, secara keseluruhan di Kabupaten Magetan kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga Selasa (6/12/2022) mencapai 13.504 orang, dan dari jumlah itu sebanyak 12.427 orang telah sembuh. Sementara, 23 orang masih dalam perawatan, dan 1.054 orang meninggal dunia. Jumlah konfirmasi baru pada Selasa tercatat 4 orang, sembuh 5 orang, dan meninggal dunia nihil.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA