Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

MRT Jakarta Kerja Sama dengan Mitra Pengumpan Tingkatkan Penumpang

Selasa 06 Dec 2022 21:23 WIB

Red: Nidia Zuraya

Penumpang menaiki MRT di Jakarta. ilustrasi

Penumpang menaiki MRT di Jakarta. ilustrasi

Foto: Republika/Putra M. Akbar
ada sejumlah mitra yang bekerja sama dengan MRT menjadi pengumpan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PTMass Rapid Transit (MRT) Jakarta Perseroda menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra pengumpan (feeder partnership) guna meningkatkan jumlah dan melayani penumpang di wilayah tak terjangkau oleh moda itu.

"Jadi, ada banyak orang-orang dari daerah selatan seperti Depok, Bintaro ingin naik MRT tapi tidak ada kendaraan umum yang baik untuk ke MRT, akhirnya kembali naik kendaraan pribadi," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Muhammad Effendi saat pemaparan kinerja MRT dalam Forum Jurnalis di Jakarta, Selasa (6/12/20220.

Baca Juga

Untuk itu, kata Effendi, MRT melakukan pemetaan dan survei dan diketahui banyak warga di kawasan perumahan ingin menggunakan MRT sebagai transportasi publik. "Kita cari lokasi penumpang dan kita berikan kepada mitra untuk membawa mereka," ujar Effendi.

Effendi mengatakan ada sejumlah mitra yang bekerja sama dengan MRT menjadi pengumpan (feeder) untuk mengantar penumpang ke stasiun MRT terdekat salah satunya adalah PT Satu Sama Jalan (Tebengan Indonesia). Perusahaan inijuga menjadi mitra operator transportasi, peraih penghargaan dari PTMRTsaat "Feeder and Passenger Award 2022"pada Maret lalu.

 

Selain itu, MRT juga bekerja sama dengan Grab, TransJakarta, PPD dan Blue Birdserta mitra pengumpandari Singapura,Swoop. Ia berharap, kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka penumpang, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Menurut Effendi, pihaknya optimiskerja sama dengan mitra pengumpanitu akan meningkatkan penumpang MRTdari kondisi 30 November lalu sebesar 84.753 penumpang. Namun, Effendi tidak merinci kapan kerja sama itu mulai dilakukan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA