Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Pelatih Optimistis Rinov/Pitha Melaju Hingga Semifinal WTF 2022

Rabu 07 Dec 2022 00:01 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pasangan bulu tangkis ganda canpuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (kanan).

Pasangan bulu tangkis ganda canpuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (kanan).

Foto: Dok Humas PBSI
Optimisme tersebut berdasarkan pada hasil undian yang cukup bagus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI Amon Santoso memiliki keyakinan kuat bahwa pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari bisa melaju hingga babak semifinal World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand. Optimisme tersebut berdasarkan pada hasil undian yang cukup bagus sehingga satu-satunya wakil Merah Putih pada nomor ganda campuran itu punya peluang yang terbuka lebar.

"Hasil undian di Grup A cukup bagus ya. Di luar Zheng/Huang, kekuatannya masih merata. Sehingga saya melihat ada peluang untuk Rinov/Pitha melaju ke babak semifinal selagi mereka bisa tampil fit dan maksimal," ujar Amon lewat pesan tertulis PP PBSI di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Pada Grup A, Rinov/Pitha tergabung bersama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Cina), Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai (Malaysia), dan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis). Namun langkah Rinov/Pitha ke Bangkok bukan tanpa kendala. Pitha sempat mengalami cedera tulang ekor yang membuat persiapannya terhambat menuju ajang yang digelar pada 7-11 Desember 2022 di Nimibutr Arena.

"Rinov dalam keadaan prima sementara Pitha sempat ketarik tulang ekornya saat persiapan di Jakarta. Setelah menjalani terapi sekarang sudah lebih baik. Semoga saat pertandingan besok sudah tidak lagi ada rasa sakit," kata Amon berharap.

Tak lupa Amon memberikan pesan kepada Rinov/Pitha untuk tidak terbebani dan bermain lepas pada turnamen akhir tahun itu. "Mereka pertama kali main di World Tour Finals jadi jangan terbebani dan main lepas. Main maksimal," Amon berpesan.

Saat ditanya komentar Rinov/Pitha mengenai hasil undian, Rinov hanya ingin menikmati setiap pertandingan saja.

"Cukup senang dengan hasil undian ini tapi tidak boleh meremehkan karena semua yang main di sini adalah pemain-pemain terbaik. Apalagi secara persiapan, kami kurang bagus karena Pitha sempat cedera," kata Rinov.

Selain Grup A, pada Grup B sektor ganda campuran akan diisi oleh dua wakil tuan rumah yaitu Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai serta Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran, lalu Wang Yil Yu/Huang Dong Ping (Cina), dan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia).

Berikut rekor pertemuan Rinov/Pitha dengan calon lawannya pada penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022:

vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Cina)

Rekor pertemuan: 0-1

Pertemuan terakhir: Babak final Malaysia Masters 2022 (Rinov/Pitha kalah 17-21, 12-21)

vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie (Malaysia)

Rekor pertemuan: 0-3

Pertemuan terakhir: Babak 16 besar Singapore Open 2022 (Rinov/Pitha kalah 21-10, 18-21, 10-21)

vs Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis)

Belum pernah bertemu sebelumnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA