Rabu 07 Dec 2022 05:27 WIB

Van Gaal Tegaskan Belanda Kantongi Kunci Kalahkan Argentina

Belanda bakal bersua Argentina pada laga hidup mati di Stadion Lusail, Sabtu (10/12)

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
 Pelatih kepala Belanda Louis van Gaal melihat sebelum Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup A antara Senegal dan Belanda di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.
Foto: AP/Ebrahim Noroozi
Pelatih kepala Belanda Louis van Gaal melihat sebelum Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup A antara Senegal dan Belanda di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal meyakini timnya dapat mengeksploitasi kelemahan bintang Argentina, Lionel Messi menjelang pertemuan kedua tim di babak perempat final Piala Dunia 2022.

"Messi adalah pemain kreatif yang paling berbahaya, dia mampu menciptakan banyak hal dan mencetak gol sendiri," kata Van Gaal menegaskan dilansir Mirror, Selasa (6/12).

Belanda bakal bersua Argentina pada laga hidup mati di Stadion Lusail, Sabtu (10/12) dini hari WIB mendatang. Kedua tim tentu bakal turun dengan kekuatan penuh demi bisa menembus ke putaran selanjutnya.

Sosok Lionel Messi tentu menjadi ancaman bagi setiap tim lawan. Terlebih, La Pulga sudah mencetak tiga gol dalam empat penampilan untuk negaranya selama Piala Dunia edisi ke-22.

Van Gaal menolak menyerah sebelum peluit panjang berbunyi. Pelatih bertangan dingin itu disebut mengantongi kelemahan yang ada pada Messi serta La Albiceleste untuk dimanfaatkan oleh de Oranje.

"Mengeksploitasi kelemahannya bisa jadi sangat penting. Ketika Argentina kehilangan bola Messi tidak banyak ikut andil dalam pergerakan bertahan tim dan itu memberi kami peluang," sambung Van Gaal.

Namun mantan arsitek Manchester United (MU) lagi-lagi enggan memberikan kisi-kisi tentang rencana taktis Belanda dalam membendung laju Argentina. Ia hanya meminta para penggemar untuk bersabar hingga pertarungan dimainkan.

"Tidak, Anda hanya akan melihat ketika kami bermain melawan Argentina nanti. Saya tidak akan memberitahu Anda," kata entrenador 71 tahun.

Belanda lolos ke babak perempat final usai mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1. Pun, Argentina melanjutkan perjalannya selepas membekap Australia 2-1.

Merujuk dalam lima pertemuan terakhir kedua tim di ajang Piala Dunia baik Belanda dan Argentina terbilang sama-sama kuat dengan catatan dua kemenangan dan sekali imbang.

Untuk diketahui semifinal Piala Dunia 2014 lalu menjadi perjumpaan terakhir keduanya. Saat itu Argentina keluar sebagai pemenang lewat adu penalti yang berkesudahan 4-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement