Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Fachruddin: Shin Selipkan Latihan Taktik di Sela Penguatan Fisik Pemain Timnas

Selasa 06 Dec 2022 19:27 WIB

Red: Endro Yuwanto

Bek timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri).

Bek timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri).

Foto: Antara/Flona Hakim
Shin memang belum terlalu memfokuskan perhatiannya ke persoalan taktik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek tim nasional (timnas) Indonesia Fachruddin Aryanto mengatakan, pelatih Shin Tae-yong menyelipkan latihan taktik di sela menu penguatan fisik yang didapatkan dalam pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 di Bali.

"Taktik diberikan sedikit di sela-sela (latihan-red) fisik. Ini supaya pemain lebih paham karena persiapan sudah mepet," ujar Fachruddin, diunggah di laman PSSI, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga

Pemain berusia 33 tahun itu melanjutkan, Shin memang belum terlalu memfokuskan perhatiannya ke persoalan taktik pada TC yang dimulai 28 November 2022 tersebut.

Saat ini, Shin masih ingin meningkatkan kualitas fisik para pemain yang dinilainya anjlok lantaran belum mencicipi laga kompetitif sebelum menjalani TC timnas. "10 hari pertama kami fokus ke fisik dasar. Kemarin juga ada latihan sirkuit untuk penguatan daya tahan tubuh," jelas Fachruddin.

Seluruh pemain skuad Garuda, Shin menambahkan, sejauh ini mampu melahap semua menu yang diberikan Shin Tae-yong. "Semua pemain sangat bersemangat dengan materi yang diberikan. Kami sama-sama berjuang," kata dia.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Di turnamen itu, timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada laga perdananya di Grup A, 23 Desember 2022. Pertandingan itu diagendakan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang untuk menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam. Lalu menjamu Thailand, 29 Desember 2022 serta, terakhir, menjajal kekuatan Filipina di rumahnya pada 2 Januari 2023.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad Garuda.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA