Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Penuhi Undangan Raja Salman, Xi Jinping akan Kunjungi Arab Saudi

Selasa 06 Dec 2022 20:55 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani

 Presiden China Xi Jinping diagendakan mengunjungi Arab Saudi pada Rabu (7/12/2022). Dia memenuhi undangan yang sebelumnya telah diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Presiden China Xi Jinping diagendakan mengunjungi Arab Saudi pada Rabu (7/12/2022). Dia memenuhi undangan yang sebelumnya telah diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Foto: AP/Jack Taylor/Pool Agence France Presse
Xi akan memimpin delegasi China, Saudi dipimpin langsung oleh Raja Salman

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Presiden China Xi Jinping diagendakan mengunjungi Arab Saudi pada Rabu (7/12/2022). Dia memenuhi undangan yang sebelumnya telah diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Dalam laporannya pada Selasa (6/12/2022), kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA) mengungkapkan, kunjungan Xi akan berlangsung hingga Jumat (9/12/2022). Selama lawatannya, konferensi tingkat tinggi (KTT) bilateral antara Saudi dan China bakal digelar.

Xi akan memimpin delegasi China. Sementara Saudi bakal dipimpin langsung oleh Raja Salman. Kendati demikian, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) bakal turut berpartisipasi dalam KTT tersebut.

Selain KTT Saudi-China, terdapat dua KTT lain yang bakal dihelat selama kunjungan Xi ke Saudi, yakni KTT Teluk-China dan KTT Arab-China. “(Kedua KTT) mencerminkan ikatan khusus yang menghubungkan negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk  (GCC) dan negara-negara Arab dengan China,” kata SPA dalam laporannya.

Belum diketahui isu khusus yang akan dibahas dalam KTT Teluk-China dan KTT Arab-China. Namun peningkatan kerja sama di antara para pihak diperkirakan bakal menjadi topik utama dalam konferensi tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA