Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Pesepeda Melaju di Luar Jalur Sepeda, Polda Metro: Bahayakan Warga

Selasa 06 Dec 2022 15:36 WIB

Red: Nur Aini

Pesepeda melintas di jalur sepeda di kawasan Sudirman, Jakarta, ilustrasi.

Pesepeda melintas di jalur sepeda di kawasan Sudirman, Jakarta, ilustrasi.

Foto: Republika
Pesepada diimbau melaju di jalur sepeda yang telah disediakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menegur rombongan pesepeda melaju di luar jalur sepeda yang sudah disediakan di Jalan Sudirman-Thamrin pada Selasa pagi (6/12/2022). "Fenomena pesepeda yang berolahraga pagi pada jam kerja 06.00 WIB hari Senin sampai Jumat pagi cukup mengganggu dan membahayakan aktivitas masyarakat yang berangkat bekerja," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Latif menjelaskan, saat pandemi Covid-19 arus lalu lintas terbilang lengang karena pembatasan kapasitas kantor dan penerapan kerja dari rumah (work from home/WFH). Namun, saat ini aktivitas masyarakat hampir sepenuhnya normal dan mobilitas di atas pukul 06.00 WIB di kepadatan jalan protokol cukup tinggi. "Sehingga kami dari jajaran Ditlantas menghimbau untuk pesepeda yang akan tetap melakukan olah raga pagi hari di jam kerja di atas jam 06.00 WIB agar melalui jalur sepeda yang telah disediakan," ujar Latif.

Baca Juga

Dia juga mengimbau agar pesepeda yang hendak beraktivitas di jalan protokol sebaiknya beraktivitas pada Sabtu-Ahad. Di hari kerja disarankan sebelum pukul 06.00 WIB, apabila di atas pukul 06.00 WIB pesepeda harus masuk jalur sepeda. Apabila di ruas jalan tersebut tidak ada jalur sepeda, pesepeda wajib menggunakan lajur paling kiri.

Sebelumnya, viral di media sosial Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menegur rombongan pesepeda yang melintas di luar jalur sepeda di Jalan Sudirman pada Selasa pagi. Peristiwa itu terekam kamera dan diunggah pada Selasa di akun-akun Instagram dan Twitter Ditlantas Polda Metro Jaya @TMCpoldametro. "Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman, S.I.K., M. Hum. melakukan Pemantauan Arus Lalu Lintas dan melakukan peneguran bagi Pesepeda agar memasuki jalur Sepeda yang sudah di sediakan, guna menghindari kecelakaan lalu lintas di Jln. Sudirman - Thamrin," demikian narasi yang menyertai unggahan tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA