Selasa 06 Dec 2022 14:40 WIB

Pemkab Garut Resmikan Pojok Baca Digital di Teras Cimanuk

Pojok Baca Digital di Teras Cimanuk merupakan yang kedua berdiri di Kabupaten Garut.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nur Aini
Bupati Garut, Rudy Gunawan, meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di Teras Cimanuk, Jalan RSU, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (5/12/2022).
Foto: Diskominfo Garut.
Bupati Garut, Rudy Gunawan, meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di Teras Cimanuk, Jalan RSU, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (5/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut meresmikan Pojok Baca Digital di Teras Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (5/12/2022). Pojok Baca Digital itu merupakan yang kedua berdiri di Kabupaten Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, sebelumnya Pojok Baca Digital didirikan di area Gedung Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut. Dengan bertambahnya Pojok Baca Digital, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai sumber ilmu pengetahuan. Apalagi lokasi Pojok Baca Digital yang baru didirikan itu berdekatan dengan kafe yang mudah diakses masyarakat. "Ayo kita jadikan Pocadi (Pojok Baca Digital) di Teras Cimanuk (sebagai) sumber pengetahuan, sumber rekreasi, dan juga berdiskusi sambil minum kopi di tempat kafe yang murah, higienis, tentu halal," kata dia melalui siaran pers, Selasa (6/12/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Garut, Totong, menjelaskan, Pojok Baca Digital merupakan program dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Keberadaan Pojok Baca Digital itu dinilai dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai keseimbangan antara buku digital dengan buku cetak. "Alhamdulillah juga kunjungan sampai hari ini, biasanya 70 orang, dengan adanya ajakan Pak Bupati bisa sampai di atas 300 (orang) setiap harinya. Mudah-mudahan ini terus berkembang dan tentunya dengan adanya Poscadi ini adalah keseimbangan antara digital dan yang sifatnya buku-buku cetak gitu," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Garut, Rina Muspiroh, menyebutkan, anggaran untuk mendirikan Pojok Baca Digital seluruhnya bersumber dari Perpusnas. Pemkab Garut disebut hanya menyediakan tempat. "Kalau bangunan ini merger dengan pengelola Teras Cimanuk, kalau buku beserta IT dan meubeulairnya dari Perpusnas. Di dalam Pocadi itu ada buku-buku elektronik, di samping itu juga ada buku reguler yang kayak buku cetak. Selain itu, juga tablet ada lima, komputer juga ada lima, TV flat itu satu, buku kalau buku itu nilainya Rp 37 juta 500 eksemplar," kata Rina.

Ia memaparkan, tidak ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Pocadi ini. Masyarakat cukup mengisi daftar tamu melalui komputer yang ada di lokasi. Menurut dia, masyarakat juga bisa mendaftar sebagai anggota tanpa dipungut biaya.

Rina menambahkan, Pojok Baca Digital di Teras Cimanuk beroperasi setiap pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB pada hari Senin sampai hari Jumat. Meski begitu, ke depan rencananya Pojok Baca Digital akan dibuka di hari Sabtu, guna melayani siswa yang ingin mengakses perpusda maupun Pocadi. "Sabtu-Minggu libur (tapi) ada wacana untuk ke depan mau diusahakan hari Sabtu itu buka karena, mungkin masyarakat yang sebatas sekolah SMA, kan tidak bisa mengikuti (atau) mempergunakan perpustakaan, mau perpustakaan umum atau Pocadi dikarenakan jadwal sekolah dari jam 7 (pagi) sampai jam 4 (sore), jadi kita usahakan untuk hari Sabtu buka," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement