Selasa 06 Dec 2022 13:56 WIB

Google Photos Uji Fungsi Pencarian Baru, Bisa Temukan Orang dari Wajahnya

Google membantu pencarian terbaik untuk menemukan foto lain dengan gambar tersebut.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Photos. Ilustrasi
Foto: CNN
Google Photos. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi Google Photos sedang menguji fungsi pencarian praktis baru. Fungsi tersebut telah menggantikan tombol Google Lens pada aplikasi untuk sebagian orang.

Saat melihat foto di penampil gambar di Googe Photos, Anda mungkin memperhatikan ikon Google Lens di antara opsi bagikan, edit, dan hapus di bagian bawah layar. Dengan mengetuknya memungkinkan Anda melakukan segalanya mulai dari menerjemahkan kata hingga menemukan gambar serupa di web. Namun, itu tidak membantu mencari orang melalui foto Anda.

Baca Juga

Kondisi tersebut akan berubah karena Google sedang menguji fungsi pencarian baru yang akan membuat pencarian orang menjadi lebih mudah. Saat menggunakan fungsi pada gambar dengan wajah di atasnya, pencarian dilaporkan akan mendeteksi wajah dan melakukan pencarian terbalik untuk menemukan foto lain dengan wajah tersebut di dalamnya.

Dilansir Android Authority, Selasa (6/12/2022), meskipun tombol Google Lens telah ditukar dengan tombol pencarian baru untuk beberapa orang, sepertinya itu tidak menggantikan Google Lens. Nyatanya, perubahan ini seperti peningkatan dari apa yang sudah ada.

Rupanya, jika Anda mengetuk wajah, aplikasi akan menampilkan foto lain dengan orang itu. Namun, jika Anda mengetuk bagian foto yang berbeda dari wajah, aplikasi akan beralih kembali ke Google Lens dengan mulus. Karena tombol tersebut hanya muncul untuk beberapa pengguna Android, kemungkinan itu hanya pengujian terbatas. Jadi, jika 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement