Selasa 06 Dec 2022 02:59 WIB

Babak Pertama: Brasil Pecundangi Korea Selatan 4-0

Neymar yang kembali memperkuat Brasil mencetak satu gol dari titik putih.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Ratna Puspita
Neymar (kiri) dari Brasil dalam pertandingan melawan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Qatar, 5 Desember 2022.
Foto: EPA-EFE/Abedin Taherkenareh
Neymar (kiri) dari Brasil dalam pertandingan melawan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Qatar, 5 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil unggul di babak pertama menghadapi Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar di Stadium 974, Doha, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. Brasil pecundangi Korea Selatan dengan keunggulan 4-0 di babak pertama. Neymar mencetak satu gol dari titik putih. 

Brasil dengan cepat memetik keunggulan di menit ke-7. Berawal dari Raphinha yang melakukan pekerjaan luar biasa di sayap kanan untuk masuk kotak penalti, kemudian melepaskan umpan tarik ke sisi kiri. Vinicius yang berdiri tanpa penjagaan mengambil jeda sebelum melepaskan tembakan melewati beberapa pemain Korea.

Baca Juga

Tak lama berselang, Brasil mendapatkan hadiah penalti di menit ke-12 dari pelanggaran terhadap Richarlison di kotak. Neymar dengan tembakan mendatar ke sisi kanan berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0. Neymar kini tinggal satu gol lagi untuk menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak Brasil.

Di samping itu, peluang juga dimiliki Korea Selatan dari tembakan jarak jauh Hwang Hee-chan di menit ke-17. Tapi percobaan tepat sasaran ke sudut kanan atas gawang masih dapat ditepis keluar oleh Alisson. Korea terus mencoba membangun serangan tapi gagal menyusul beberapa pertahanan yang bagus dari Militao.

Korea semakin tertinggal saat kerja sama lini depan Brasil mengacak-acak pertahanan mereka di kotak penalti. Permainan satu sentuhan dari Richarlison kepada Raphael kemudian ke Thiago Silva lalu kembali kepada Richarlison, berhasil menembus pertahanan Korea. Richarlison pun melakukan penyelesaian yang baik untuk membawa Brasil unggul 3-0.

Di menit ke-36, Lucas Paqueta memperlebar kedudukan menjadi 4-0. Brasil melancarkan serangan balik cepat dari sisi kiri. Vinicius Junior memberikan umpan sialng ke kanan. Paqueta yang datang dari belakang langsung melepaskan tembakan dari sentuhan pertamanya.

Brasil hampir menambah keunggulan mereka di menit-menit akhir babak pertama dari serangan balik. Tapi Kim Seung-gyu melakukan penyelamatan penting dari sontekan Lucas Paqueta ke tiang jauh. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum. 

Starting XI kedua tim:

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Militao, Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Lucas Paqueta; Neymar, Vinicius Jr., Raphinha; Richarlison

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, M. H. Kim; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Son Heung-min, Lee Jae-sung, H. Hwang; Cho Gue-sung 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement