Selasa , 06 Dec 2022, 00:48 WIB

Singkirkan Jepang di Adu Penalti, Kroasia Lolos ke Delapan Besar

Rep: Rahmat Fajar, Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Ratna Puspita
 Kiper Kroasia Dominik Livakovic menyelamatkan tendangan penalti oleh Takumi Minamino dari Jepang selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022.
Foto AP/Thanassis Stavrakis

Kiper Kroasia Dominik Livakovic menyelamatkan tendangan penalti oleh Takumi Minamino dari Jepang selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al Janoub di Al Wakrah, Qatar, Senin, 5 Desember 2022.

Di tim Jepang, hanya Takuma Asona dari 4 penendang yang berhasil eksekusi penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, AL-WAKRAH -- Kroasia menyingkirkan Jepang melalui drama adu penalti 1-1 (3-1) di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Senin (5/12/2022) atau Selasa (6/12/2022) WIB. Babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 antara Jepang melawan Kroasia harus berlanjut ke adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal selama 90 menit dan babak perpanjangan waktu selama 30 menit.

Tempo permainan berjalan lambat. Jepang bermain bertahan. Hal tersebut membuat Kroasia kesulitan menusuk ke area penalti Jepang.

Baca Juga

Pada menit kedelapan, Kroasia mendapatkan peluang lewat Kramaric. Namun, tembakan kaki kirinya dari jarak dekat mampu diblok. Luka Modric dan kawan-kawan menguasai hampir separuh lapangan.

Samurai Biru menumpuk hampir seluruh pemainnya di belakang dan menanti serangan balik. Namun, upaya mereka kurang efektif karena harus menjaga pertahanan dari serangan Kroasia.

Petkovic mendapatkan peluang membantu rekannya mencetak gol pada menit ke-26. Petkovic yang menggiring bola dari sisi kanan gagal memberikan umpan sempurna sehingga berhasil ditangkap oleh kiper Jepang.

Jepang keluar menyerang memasuki menit ke-35. Kemampuan merebut bola menjadi modal mereka menjalankan serangan balik dengan baik. Pada menit ke-41 Kamada mendapatkan ruang tembak namun tendangannya melambung.

Sepakan Maeda membawa Jepang unggul 1-0 pada menit ke-43. Berawal dari tendangan lambung menciptakan kemelut di depan gawang yang dimanfaatkan oleh Maeda. Gol tersebut menutup babak pertama. 

Jepang memiliki peluang ketika babak kedua baru berjalan setengah menit. Daichi Kamada mendapatkan ruang tembak namun terlalu melambung. Jepang bermain lebih terbuka di babak kedua seperti yang mereka lakukan saat mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Sundulan Ivan Perisic pada menit ke-55 menyamakak kedudukan 1-1. Pemain Tottenham Hotspur itu menyambut umpan silang Dejan Lovren dari sisi kiri pertahanan Jepang. Di menit ke-57 tembakan keras Endo dari luar kotak penalti nyaris berbuah gol andai tak ditepis oleh kiper Kroasia.

Pada menit ke-63 giliran tembakan jarak jauh Luka Modric yang nyaris membahayakan gawang Jepang. Kiper Jepang menepis keluar tembakan gelandang Real Madrid tersebut.

Kedua tim terus mencoba mencari celah menciptakan peluang dan gol. Namun hingga waktu normal skor bertahan 1-1. Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. 

Skor imbang 1-1 bertahan pada babak perpanjangan waktu selama 2x15 menit. Nasib Jepang dan Kroasia di Qatar 2022 harus ditentukan melalui adu penalti.

Pada 15 menit pertama, selain menghadapi kesulitan untuk menguasai bola, Jepang juga kesulitan menerobos ke depan karena mereka fokus pada pertahanan. Mereka akhirnya mendapatkan peluang terbaik di menit ke-105, saat Mitoma berlari ke tepi kotak sebelum menembak, tetapi Livakovic melakukan penyelamatan bagus untuk menghentikan upaya keras itu.

Kroasia menguasai sebagian besar babak pertama perpanjangan waktu. Namun, belum ada perubahan di papan skor. Di babak kedua perpanjangan waktu, peluang-peluang berbahaya terjadi di depan gawang kedua tim, tetapi dengan tidak adanya gol tambahan, pemenang harus ditentukan dengan tendangan penalti.

Dua penendang pertama Jepang, yakni Takumi Minamino dan Kaoru Mitoma, gagal mengeksekusi penalti. Sementara, dua penendang Kroasia, yakni Nikola Vlasic dan Marcelo Brozovic, berhasil menendang penalti. 

Pada penendang ketiga, Jepang melalui Takuma Asano sukses menunaikan tugasnya, tetapi Marko Livaja dari Kroasia justru gagal. Maya Yoshida gagal mengeksekusi penalti dan Mario Palasic sukses memastikan Kroasia menang 3-1 dalam adu penalti. 

Berikut adu penalti antara Jepang dan Kroasia

Jepang: 

Takumi Minamino (ditepis)

Kauro Mitoma (ditepis)

Asano (gol)

Maya Yoshida (ditepis)

Kroasia:

Nikola Vlasic (gol)

Marcelo Brozovic (gol)

Marko Livaja (tiang)

Pasalic (gol)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
jepang kroasia adu penalti piala dunia piala dunia 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya