Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Dukung Industri Kreatif, ITDC Gelar Esports Summit di Nusa Dua

Senin 05 Dec 2022 19:44 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Kawasan the Nusa Dua, Bali, menjadi tuan rumah Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship.

Kawasan the Nusa Dua, Bali, menjadi tuan rumah Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship.

Foto: Itdc
Indonesia jadi tuan rumah IESF 14th World Esport Championship.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati mengatakan kawasan the Nusa Dua, Bali, menjadi tuan rumah Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship. Ari menyebut ajang internasional yang diselenggarakan di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali pada 2 Desember hingga 11 Desember 2022 diikuti sekitar 500 atlet dan ratusan delegasi dari 105 negara. 

"Melalui Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship, kami menunjukkan kembali kesiapan dan kemampuan kawasan yang kami kelola menjadi tuan rumah penyelenggaraan event internasional, kali ini sebuah kejuaraan internasional di sektor digital," ujar Ari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Baca Juga

Melalui peran sebagai tuan rumah ini, lanjut Ari, ITDC juga menunjukkan dukungan terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor digital di Indonesia. Ari meyakini sektor digital akan menjadi stimulus baru yang akan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.

Ari mengatakan the Nusa Dua tak hanya mampu menggelar event MICE internasional, melainkan juga event kreatif lain seperti musik, fashion, hingga sport. Menurut Ari, hal ini didukung oleh kelengkapan infrastruktur dan fasilitas kawasan, serta SOP yang telah terbukti siap dan sukses dalam menggelar berbagai jenis event berskala besar baik nasional maupun internasional.

"Penyelenggaraan berbagai event menjadi salah satu indikator kebangkitan pariwisata nasional pascapandemi. ITDC dengan kawasan-kawasan yang dikelolanya, siap merespons kepercayaan berbagai pihak untuk bekerja sama dalam berbagai event.   Kami siap berkolaborasi untuk mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia," kata Ari.

Acara Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esport Championship resmi dibuka Jumat (2/12/2022) malam oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, Gubernur Bali Wayan Koster, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia Bambang Sunarwibowo, dan Presiden Federasi Esport International (IESF) Vlad Marinescu. 

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo mengatakan Indonesia Esports Summit akan menyuguhkan pertandingan esports kelas dunia lewat IESF 14th World Esports Championships 2022, sajian entertainment kontemporer dan tradisional, ekshibisi industri kreatif dan teknologi terdepan, hingga beragam diskusi menarik yang akan mengangkat isu-isu hangat di dunia esports dan ekositemnya.

"PB ESI juga ingin menegaskan kembali ke masyarakat luas, terutama kalangan pelaku ekonomi kreatif, tentang besarnya potensi esports dalam memulihkan dan membangkitkan kembali industri kreatif dan pariwisata yang sempat terkendala akibat pandemi," kata Bambang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA