Senin , 05 Dec 2022, 19:20 WIB

Lawan Kroasia, Yuto Nagatomo Minta Jepang Bertarung Layaknya Samurai

Rep: Rahmat Fajar / Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Jepang, Yuto Nagatomo.
Foto AP/Eugene Hoshiko

Bek timnas Jepang, Yuto Nagatomo.

Taktik dan teknik tak akan berjalan sempurna jika sebuah tim punya rasa takut.

REPUBLIKA.CO.ID, AL WAKRAH -- Bek Yuto Nagatomo mengatakan Jepang harus bertarung seperti para samurai ketika melawan Kroasia pada babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 Qatar di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Senin (5/12/2022) malam WIB. Jepang secara mengejutkan mengalahkan dua mantan juara dunia Jerman dan Spanyol di penyisihan grup.

Jepang pun lolos sebagai juara Grup E. Lolosnya Jepang ke fase gugur menjadi keempat kalinya selama tampil di Piala Dunia. Kroasia yang merupakan finalis Piala Dunia 2018 Rusia akan menjadi tantangan selanjutnya. Kendati demikian, Nagatomo menuntut kepada rekan-rekannya agar tampil dengan berani.

Baca Juga

"Sebelum mereka berperang, mereka (samurai) memoles senjata mereka dan mencoba meningkatkan teknik mereka. Tapi jika mereka takut selama pertempuran, mereka tidak akan bisa menggunakan senjata dan teknik itu sepenuhnya," kata Nagatomo jelang pertandingan dikutip dari BBC.

Filosofi tersebut persis seperti dalam sepak bola. Ia mengakui taktik dan teknik sangat penting. Namun jika ada perasaan takut, maka dua hal tersebut tak akan berjalan sempurna bahkan tak berguna.

Kroasia hanya bermain imbang tanpa gol melawan Maroko dan Belgia. Namun lolos sebagai runner-up Grup F berkat kemenangan 4-1 atas Kanada.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic memberikan komentar tentang kemenangan Jepang 2-1 atas Spanyol. Ia mengatakan ketika Spanyol mencetak gol pembuka dalam pikiran Dalic Jepang tak ada peluang menang. Namun ternyata Jepang tak menyerah sehingga memang pantas memenangkan laga.

Tersingkirnya Jerman, Belgia, dan Denmark di fase grup menggambarkan semua tim di Piala Dunia sama kuatnya. Dalic mengakui di masa lalu mungkin lebih memilih melawan Jepang daripada Jerman. "Tetapi mereka telah mengalahkan Jerman dan Spanyol. Ini tentu bukan pertandingan yang mudah bagi kami," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas jepang bek jepang Yuto Nagatomo jepang vs kroasia prediksi jepang vs kroasia samurai jepang samurai biru babak 16 besar Piala Dunia 2022 piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya