Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Lantik 4 Ketua Lembaga Kampus, Rektor Unkris Berharap Semua Bersinergi dan Saling Mengisi

Senin 05 Dec 2022 17:06 WIB

Red: Endro Yuwanto

Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr Ir Ayub Muktiono (paling kiri) bersama Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH dan para ketua lembaga di lingkungan Unkris untuk periode 2022-2026.

Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr Ir Ayub Muktiono (paling kiri) bersama Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH dan para ketua lembaga di lingkungan Unkris untuk periode 2022-2026.

Foto: Dok. Unkris
Lembaga-lembaga itu memiliki visi dan misi sama, yakni mendorong kemajuan Unkris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Dr Ir Ayub Muktiono melantik empat ketua lembaga di lingkungan Unkris untuk periode 2022-2026 di kampus Unkris, pada Kamis (1/12/2022). Keempatnya adalah Ketua Lembaga Penjamin Mutu (Lembaga Penjamu), Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK), serta Ketua Lembaga Penelitian Unkris.

Pelantikan Dr Susetya Herawati dilantik sebagai Ketua LPM sekaligus Ketua LPKK,  Muhammad Syarif Hartawan, S.Kom, M, Kom sebagai Ketua Lembaga Penjamu, dan Dr R Sihadi Darmowihardjo M.Pd sebagai Ketua Lembaga Penelitian tersebut disaksikan Wakil Rektor I Dr. Ismail Razak, SE, M.Si dan Wakil Rektor 2 Unkris Dr Suwanda ST, MT. Ikut dilantik pula Anisa Pramitasari S Sos, MSi sebagai Sekretaris Lembaga Penjamu, Lydia Darmiyanti, ST, MT sebagai Sekretaris LPKK dan LPM, serta Ainun Nazriah, S.Pd. M.Sc sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH, Warek 3 Dr Parbuntian Sinaga, Sekretaris Pembina Yayasan, Sekretaris Yayasan, para dekan, wadek 1, ketua unit pengmas, penjamu, dan penelitian fakultas.

“Saya berharap kehadiran saudara sebagai pemimpin di lembaga yang dimiliki Unkris dapat memberikan semangat dan inspirasi baru bagi Unkris,” kata Rektor Unkris Dr Ayub Muktiono dalam sambutannya seperti dalam siaran persnya, Senin (5/12/2022).

Menurut Dr Ayub, empat lembaga yang dimiliki oleh Unkris dalam lingkup kerjanya harus saling bersinergi, saling mengisi, dan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Karena sejatinya, lembaga-lembaga tersebut memiliki visi dan misi yang sama, yakni mendorong kemajuan Unkris masa kini dan masa yang akan datang terutama terkait target menjadi Kampus Unggul 2025.

Dr Ayub berpesan agar semua ketua lembaga segera menyusun blue print atau peta jalan sebagai panduan kerja lembaga selama periode kepemimpinan. “Lembaga penelitian, saya berharap segera menyusun blue print penelitian. Topik-topik yang terkait dengan kegiatan lembaga lain bisa digarap misalnya soal stunting. Kebetulan soal stunting memang tengah menjadi fokus garapan Unkris,” jelas dia.

Terkait LPM, Rektor Unkris itu menegaskan bahwa sesuai dengan pidato Presiden pertama RI Soekarno pada Lustrum 1 Unkris yang meminta agar Unkris harus memberikan manfaat kepada masyarakat luas, maka demikian pula LPM saat ini, harus memiliki program yang memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat luas. “Unkris tidak ingin jadi menara gading hanya indah dilihat, megah gedungnya tetapi masyarakat tidak mendapatkan manfaat apa-apa. Kita harus menjadi mata air bagi masyarakat sekitar.”

Sedang khusus kepada ketua LPKK, Dr Ayub berpesan agar terus mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dengan tetap menumbuhkan karakter cinta tanah air. “LPKK merupakan lembaga yang menjadi ciri khas Unkris,” tegasnya.

Selain itu, Rektor Unkris juga berharap LPKK dapat memfasilitasi pengembangan dan percepatan pertumbuhan bisnis rintisan (startup) di kalangan mahasiswa melalui program incubator bisnis. Caranya dengan memberikan layanan dan dukungan berupa pembinaan, koneksi jaringan, ruang fisik atau fasilitas untuk berkegiatan, hingga modal usaha dan pembiayaan.

Kemudian, untuk ketua Lembaga Penjamin Mutu yang baru dilantik, Dr Ayub meminta agar segera menyiapkan seperangkat aturan sesuai dengan SOP agar semua berjalan sesuai koridor dan kesepakatan bersama.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin menyampaikan harapannya agar para ketua lembaga yang baru dilantik bisa bekerja sama dengan smart untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh Unkris, yakni mewujudkan visi dan misi Unkris Unggul 2025. “Kami juga berharap para ketua lembaga bisa bersinergi dengan jajaran pimpinan Unkris untuk mencapai kemajuan Unkris,” katanya.

Menurut Amir, Ketua Lembaga ibaratnya adalah mobil yang terus bergerak untuk maju bersama dengan kecepatan yang terukur hingga sampai tujuan. Karena itu, lajunya harus seirama dengan jajaran pimpinan Unkris maupun yayasan selaku pengelola Unkris. “Sekali lagi, saya mengucapkan selamat mengemban amanah bagi para ketua lembaga Unkris yang baru dilantik. Kami mendukung apapun program kerja lembaga sepanjang itu untuk kemajuan Unkris dan bisa dipertanggungjawabkan,” katanya menegaskan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA