Senin 05 Dec 2022 13:09 WIB

Pemkab Bogor Targetkan Pongkor Jadi UNESCO Global Geoparks

Pemkab Bogor menargetkan Pongkor menjadi UNESCO Global Geoparks pada tahun depan.

Geopark pongkor
Foto: Bogorkab.go.id
Geopark pongkor

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menargetkan Geopark Nasional Pongkor menjadi UNESCO Global Geoparks (UGG) pada perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Ini disepakati antara Pemkab Bogor dengan DPRD melalui perubahan RPJMD. Pengembangan geopark harus dilaksanakan sesuai Karsa Bogor Maju dengan target Geopark Pongkor menjadi UGG," kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Senin (5/12/2022).

Menurutnya, Geopark Nasional Pongkor siap menyusul tujuh geopark di Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO, yakni Geopark Batur, Geopark Pegunungan Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, Geopark Belitong dan Geopark Maros Pangkep.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bogor yaitu membentuk Pongkor Geopark Information Center (PGIC) serta mengukuhkan Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor Periode Tahun 2022-2025 dan Forum Geopark Nasional Pongkor Tahun 2022 di Kecamatan Tamansari, Bogor, Rabu (30/11).

Geopark yang sudah empat tahun diresmikan, sejak November 2018 ini merupakan satu dari 12 geopark nasional di Indonesia. Geopark Nasional Pongkor merupakan potensi besar pariwisata Kabupaten Bogor, meliputi 15 kecamatan terdiri dari 10 geosite, 43 situs geo/bio/cultural heritage, dan 15 daya tarik wisata.

Iwan menyebutkan, Geopark Pongkor merupakan absolut adventist atau keunggulan mutlak yang ada di Bogor. Geopark Pongkor merupakan taman bumi yang terbentuk secara alami, bukan buatan.

"Kita sinergi bersama-sama. Kalau mimpinya bareng, kita bisa mewujudkannya jadi kenyataan, bagaikan fajar di pagi hari. Mudah-mudahan di tahun 2023 geopark ini bisa diakui UGG," kata Iwan.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Bogor juga siap mengerahkan sumber daya manusia untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat, Forum Perhutani, Taman Nasional, dan Antam Pongkor untuk mendukung Geopark Pongkor menjadi UGG.

"Kades dan para camat juga harus mengedukasi masyarakat agar mendukung kepariwisataan di Kabupaten Bogor, salah satunya Geopark Pongkor, agar wisatawan nyaman dan aman berwisata ke Kabupaten Bogor," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement