Senin 05 Dec 2022 13:00 WIB

Pujian Deschamps dan Rio Ferdinand untuk Giroud yang Underrated

Sang bomber menunjukkan sikap yang benar di setiap pertandingan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Olivier Giroud dari Prancis melakukan tendangan salto selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Prancis dan Polandia, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad, 4 Desember 2022.
Foto: AP/Luca Bruno
Olivier Giroud dari Prancis melakukan tendangan salto selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Prancis dan Polandia, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Ahad, 4 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Nama Olivier Giroud mungkin tidak sementereng para legenda hidup Prancis lainnya. Bahkan di eranya, ia masih sering berada di bawah bayang-bayang Karim Benzema.

Saat ini Les Bleus telah memiliki beberapa penyerang yang lebih muda dari Giroud. Ada Kylian Mbappe, Marcus Thuram hingga Christopher Nkunku. Itu belum terhitung Anthony Martial yang juga mempunyai kualitas mumpuni.

Baca Juga

Namun meski berada di tim dengan sederet juru gedor kelas atas, Giroud tak pernah tenggelam. Ia tampil adanya, memanfaatkan keunggulannya sebagai pemain nomor sembilan. Ia tak banyak melakukan akselerasi, tapi selalu menjadi pemantul dan penyelesai ulung di momen tepat.

Teranyar ia ikut membobol jala Polandia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Prancis menang 3-1 atas the Egles di Al Thumama Stadium, Doha, Ahad (4/12/2022) malam WIB. Pasukan ayam jantan melaju ke perempatfinal. 

Bersamaan dengan itu, Giroud menorehkan rekor penting. Ia kini berstatus pencetak gol terbanyak sepanjang masa Les Bleus. Ia melewati pencapaian Thierry Henry.

"Giroud selalu menjadi pemain penting. Empat tahun lalu (di Piala Dunia Rusia), dia tidak mencetak gol, tapi kami melihat kualitasnya," kata Deschamps, dikutip dari bbc.com, Senin (5/12/2022).

Menurut sang arsitek, penyerang yang kini memperkuat klub AC Milan itu memperlihatkan keunggulan dari sisi mentalitas. Di usia 36 tahun, Giroud masih bertaji. Ia tak pernah merasa rendah diri ketika berada di tim bertabur bintang.

"Dia telah memecahkan rekor Henry, dan (Kylian) Mbappe mungkin akan mengalahkannya suatu hari nanti. Mencetak begitu banyak gol di level internasional merupakan pencapaian luar biasa," ujar Deschamps.

Mantan bek Inggris, Rio Ferdinand juga memberikan pujian untuk eks Arsenal dan Chelsea itu. Menurutnya, Giroud bukan tipikal pemain yang unggul dari sisi keterampilan dan kecepatan. Tapi sang bomber menunjukkan sikap yang benar di setiap pertandingan.

"Dia tahu apa yang dia kuasai, dan dia mengeksekusinya dengan baik," ujar Ferdinand.

Selanjutnya Prancis bertemu Inggris di perempatfinal. Duel tersebut berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Sabtu (11/12) dini hari WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement