Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

RM BTS dan Tablo Epik High Tunggu 4 Tahun untuk Bekerja Sama

Senin 05 Dec 2022 10:38 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani

RM BTS merilis album solonya Indigo

RM BTS merilis album solonya Indigo

Foto: Twitter BTS_official
RM BTS dan Tablo telah mencoba untuk berkolaborasi selama empat tahun

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Dalam “Album Magazine Film” dari album barunya Indigo, penyanyi rap RM BTS mendalami makna dan proses kreatif di balik 10 lagunya. Lagu ketiga, “All Day” merupakan kolaborasi dengan penyanyi rap Tablo dari Epik High. Tablo merupakan salah satu artis hip-hop paling terkenal di industri Korea saat ini.

RM menjelaskan bahwa dia sedang mencari artis yang bisa melakukan rap dengan suara persuasif di lagu “All Day”. RM merasa tidak ada pilihan yang lebih baik selain Tablo. Ketika dia mengirimkan demo dengan proposal untuk mengerjakan lagu bersama, Tablo setuju bahkan sebelum dia mendengar lagunya.

Baca Juga

“Saya ingin seseorang yang dapat melakukan rap persuasif. Saya sangat memikirkan,” kata RM dilansir Korea Boo, Senin (5/12/2022).

Keinginan untuk bekerja sama sangat tinggi pada keduanya, seperti yang diungkapkan RM bahwa mereka telah mencoba untuk berkolaborasi selama empat tahun. Namun, alasan mereka menunggu begitu lama adalah karena Tablo tidak mau menggarap lagu suram bersama RM.

“Saya ingin menghindari energi negatif dan saya tidak ingin menyampaikan sentimen tersebut kepada orang lain. Dan yang menarik, lagu ini datang kepada saya pada waktu itu,” ujar Tablo.

Kedua jenius itu akhirnya menyatukan pikiran mereka di "All Day", yang digambarkan RM sebagai lagu yang paling ceria dan mengasyikkan. Lagu yang bisa Anda dengarkan tanpa berpikir. Meskipun suara lagunya sangat cerah, pesannya tetap membawa wawasan dari lirik RM dan Tablo.

Sebelum "All Day", Tablo juga pernah bekerja sama dengan Suga di beberapa kesempatan. Pada 2019, Suga tampil sebagai artis dalam “Song Request” Lee Sora, yang ditulis dan diproduksi oleh Tablo. Beberapa bulan kemudian, Suga tampil sebagai produser di lagu Epik High "Eternal Sunshine".

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA