Senin 05 Dec 2022 08:08 WIB

Presiden Israel Melakukan Kunjungan Kenegaraan Pertama ke Bahrain

Israel dan Bahrain menjalin hubungan diplomatik pada 2020

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Israel Isaac Herzog tiba di Bahrain pada Ahad (4/12/2022) untuk kunjungan kenegaraan pertamanya sejak menjalin hubungan diplomatik pada 2020.
Foto: AP Photo/ Maya Alleruzzo
Presiden Israel Isaac Herzog tiba di Bahrain pada Ahad (4/12/2022) untuk kunjungan kenegaraan pertamanya sejak menjalin hubungan diplomatik pada 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MANAMA -- Presiden Israel Isaac Herzog tiba di Bahrain pada Ahad (4/12/2022) untuk kunjungan kenegaraan pertamanya sejak menjalin hubungan diplomatik pada 2020. Herzog disambut di bandara oleh Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Alzayani.

Herzog mengadakan pembicaraan dengan Raja Bahrani Hamad bin Isa Al Khalifa di Ibu Kota Manama. Mereka membahas hubungan bilateral dan perkembangan regional.

"Raja Hamad menegaskan posisi tegas Bahrain dalam mendukung pencapaian perdamaian yang adil, komprehensif dan berkelanjutan yang menjamin hak-hak sah rakyat Palestina," lapor kantor berita negara BNA.

Sementara Herzog berterima kasih kepada raja Bahrain atas penerimaannya dan memuji visi perdamaian, persahabatan, toleransi dan kontribusi besarnya pada Abraham Accords. Bahrain dan Israel resmi menjalin hubungan diplomatik pada 2020 di bawah Abraham Accord yang diinisiasi oleh pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

"Kita harus memperkuat aliansi kita untuk perdamaian dan membawa lebih banyak negara dan bangsa ke dalam lingkaran perdamaian di kawasan kita," ujar Herzog.

Selama kunjungan dua hari di Bahrain, Herzog dijadwalkan bertemu dengan anggota komunitas Yahudi lokal. Setelah Bahrain, Herzog akan mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA). Dalam pernyataan sebelum keberangkatan di Bandara Ben Gurion, Herzog mengatakan, kunjungan ke Bahrain dan UEA membawa pesan perdamaian.

Bahrain termasuk di antara empat negara Arab yang menandatangani pernjanjian normalisasi hubungan dengan Israel pada 2020. Negara lainnya yang secara resmi menjalin hubungan diplomatik yaitu UEA, Maroko, dan Sudan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement