Ahad , 04 Dec 2022, 19:45 WIB

Kondisi Tubuhnya Tiba-Tiba Memburuk, Pelatih Senegal Diragukan Dampingi Timnya Vs Inggris

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Senegal Aliou Cisse memberikan arahan kepada para pemainnya saat pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Ekuador dan Senegal, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Selasa, 29 November 2022.
Foto AP/Themba Hadebe

Pelatih kepala Senegal Aliou Cisse memberikan arahan kepada para pemainnya saat pertandingan sepak bola grup A Piala Dunia antara Ekuador dan Senegal, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Selasa, 29 November 2022.

Absennya Cise di pingiir lapangan tentu menjadi pukulan telak.

REPUBLIKA.CO.ID, Al RAYYAN -- Senegal terancam tanpa didampingi Aliou Cisse kala berhadapan dengan Inggris di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Senin (5/12/2022) dini hari WIB. Pelatih berusia 48 tahun itu diketahui tengah mengalami kesehatan dan diragukan bisa berada di pinggir lapangan dalam laga di Stadion Al Bayt, Al Khor. 

Asisten pelatih Timnas Senegal, Regis Bogaert, mengungkapkan, Cisse mengalami demam dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, Cisse terpaksa absen dan tidak memimpin secara langsung sesi latihan tim berjuluk The Lions Teranga tersebut pada Jumat (3/12/2022) waktu setempat. 

Baca Juga

''Dia mengalami masalah kesehatan dalam beberapa hari terakhir. Suhu tubuhnya sangat tinggi. Jadi, kami harus berhati-hati dengan kondisinya. Saya harap, dia bisa mendampingi tim di pinggir lapangan dalam laga tersebut,'' kata Bogaert seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (4/12/2022). 

Sebelumnya, FIFA telah merekomendasikan setiap tim kontestan untuk melakukan tes Covid-19 secara berkala. Namun, hal ini sekedar rekomendasi, bukan kewajiban, buat tim-tim kontestan di Qatar 2022. Absennya Cise di pingiir lapangan tentu menjadi pukulan telak buat para penggawa The Lions of Teranga. 

Pasalnya, kapten Timnas Senegal kala mampu melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2002 itu dinilai menjadi salah satu aktor utama kebangkitan Timnas Senegal dalam beberapa tahun terakhir. Cisse dipercaya menukangi Timnas Senegal pada 2015 silam. 

Sejak saat itu, Cisse berhasil membawa Senegal tampil di putaran final dalam dua edisi terakhir Piala Dunia. Puncaknya, Cisse sukses mengantarkan Senegal meraih titel Piala Afrika 2021 silam, setelah harus puas mengakhiri turnamen tersebut di posisi runner-up pada edisi 2019. 

Khusus di gelaran Piala Dunia 2022, Cisse pun terbukti mampu beradaptasi dan tetap membawa Senegal tampil kompetitif, meski kehilangan salah satu penggawa terbaiknya, Sadio Mane. Mengawali Piala Dunia 2022 dengan kekalahan, 0-2, dari Belanda, Senegal mampu bangkit di dua laga terakhir penyisihan Grup A. 

Setelah menundukan Qatar, 3-1, Senegal sukses mengatasi perlawanan Ekuador, 2-1. Kalidou Koulibaly dan kawan-kawan akhirnya berhasil memastikan satu tempat di babak 16 besar sebagai runner-up Grup A. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Aliou Cisse senegal vs inggris timnas senegal piala dunia 2022 piala dunia qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya