Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Pemprov Jabar akan Bangun Jalan Tengah Selatan

Senin 05 Dec 2022 05:32 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rizhanul Ulum Pemdaprov Jabar menjelaskan, saat ini Pemprov Jabar sedang merencanakan pengganti jembatan Cirahong  di wilayah Jawa Barat bagian Timur yakni antara Tasikmalaya dan Ciamis.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rizhanul Ulum Pemdaprov Jabar menjelaskan, saat ini Pemprov Jabar sedang merencanakan pengganti jembatan Cirahong di wilayah Jawa Barat bagian Timur yakni antara Tasikmalaya dan Ciamis.

Foto: istimewa
Pemprov Jabar juga tengah gencar merenovasi sejumlah rutilahi di sejumlah wilayah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) akan membangun sejumlah infrastruktur untuk menunjang pembangunan Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Rizhanul Ulum Pemdaprov Jabar menjelaskan, saat ini Pemprov Jabar sedang merencanakan pengganti jembatan Cirahong  di wilayah Jawa Barat bagian Timur yakni antara Tasikmalaya dan Ciamis. Pasalnya, jembatan tersebut saat ini tidak bisa dipakai untuk kendaraan roda empat. "Kita sedang berpikir tentang pembangunan Batman (benteng Manonjaya)," ujar 

Baca Juga

Uu kepada wartawan usai menjadi Pemimpin Upacara Peringatan Hari Bakti PU ke-77 di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (3/12/2022). Sedangkan di wilayah Selatan Jawa Barat, kata dia, Pemprov Jabar sedang membangun JTS (Jalan Tengah Selatan).  Tujuannya untuk mempercepat akses warga yang tinggal di selatan menuju kota maupun lokasi lain yang sempat dibangun oleh Gubernur Jabar sebelumnya, Ahmad Heryawan.  "Dulu harus muter tapi kalau JTS sudah jadi  yang dulunya ribuan kilo meter menjadi 350 km saja dari Pangandaran ke Sukabumi," katanya 

Begitu juga, kata dia, di daerah Bekasi  ada pembangunan jalan Cibarusah dan underpass nya. Termasuk di Kota Bandung akan dibangun beberapa underpass untuk mengantisipasi kemacetan. Uu mengaku saat ini jumlah kendaraan mengalami peningkatan yang signifikan. Maka, harus  dibarengi dengan penambahan ruas jalan, perbaikan dan pelebaran jalan.

Selain pembangunan infrastruktur jalan, kata dia, Pemprov Jabar juga sudah berhasil  membangun tujuh bendungan. Hal ini akan menambah volume sawah basah dan meningkatkan produktivitas beras ataupun gabah kering.  "Termasuk kemarin di Sadawarna sekitar 400.000 hektar kalau tidak salah yang akan diari dengan pembangunan bendungan ini," katanya

Uu mengatakan, terkadang masyarakat menilai baik dan tidaknya pemerintah dilihat dari pembangunan fisik atau infrastruktur seperti jalan, jembatan, bendungan dan lainnya. "Jika jalannya bagus maka sering dibilang itu tugas pemerintah begitupun sebaliknya jika jalannya jelek maka masyarakat mengeluh kepada pemerintah,"katanya.

Uu menegaskan, Pemdaprov Jabar di hari jadi PU ke-77 ini berkomitmen akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan infrastruktur yang menjadi tanggung jawab selama kepemimpinannya. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk bisa memahami seandainya ada jalan milik Pemprov yang belum dibangun atau diperbaiki jika jalannya rusak."Bukan kami tidak memperhatikan tapi mungkin waktu yang belum sempat karena semuanya memerlukan waktu dan juga yang namanya jalan tetap ada perubahan. Hari ini bagus, mungkin tahun depan rusak," katanya 

Uu menilai yang terpenting ada progres pembangunan setiap tahunnya. Misalnya jumlah jalan yang rusak di Jabar sehingga tidak stagnan dalam pemeliharaan dan pembangunan jalan. Menurutnya, pemerintah selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik di samping membangun jalan yang sudah ada juga untuk menambah konektivitas masyarakat.

Selanjutnya, kata Uu, Pemprov Jabar juga tengah gencar merenovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) di setiap kabupaten/kota. Uu mengatakan, pihaknya sudah memberikan bantuan hampir Rp10 miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah layak huni .

"Jadi rumpun PUPR yang terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum (Bina Marga) dan Dinas Sumber Saya Air bekerja secara ngabret (gerak cepat -red) dalam melayani masyarakat untuk menuju akselerasi Jabar Juara Lahir dan Batin," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA