Ahad , 04 Dec 2022, 15:39 WIB

Messi Dibuat Kelelahan oleh Australia yang Tampil Spartan

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Gilang Akbar Prambadi
 Lionel Messi dari Argentina merayakan kemenangannya pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Argentina dan Australia di Stadion Ahmad Bin Ali di Doha, Qatar, Ahad (4/12) dini hari WIB.
Foto AP/Petr David Josek

Lionel Messi dari Argentina merayakan kemenangannya pada pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Argentina dan Australia di Stadion Ahmad Bin Ali di Doha, Qatar, Ahad (4/12) dini hari WIB.

Di babak perempat final, Argentina sudah ditunggu Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Argentina sukses melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai membungkam Australia, 2-1, Ahad (4/12/2022) dini hari WIB. Dua gol yang masing-masing dicetak Lionel Messi dan Julian Alvarez dan satu gol bunuh diri Enzo Fernandez mewarnai laga yangd digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, tersebut. 

Messi mencetak gol pembuka Albiceleste pada menit ke-35. Pemain berjuluk La Pulga itu melepaskan sepakan terarah dari dalam kotak penalti setelah menerima sodoran umpan dari Nicolas Otamendi. Pada awal babak kedua, tepatnya menit ke-57, Argentina menggandakan keunggulan. Kali ini, giliran Alvarez yang mencatatkan namanya di papan skor. 

Baca Juga

Berawal dari pressing yang dilakukan Rodrigo de Paul, penyerang Manchester City itu berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Australia, Matthew Ryan, dan merebut bola serta langsung mengarahkannya ke gawang. Namun, Australia sempat memberikan perlawanan pada menit ke-77. Sepakan keras Craig Goodwin, yang membentur tubuh Fernandez, berbelok arah dan merobek gawang Argentina. 

Socceroos kembali mendapatkan peluang emas via aksi individu Aziz Dehich. Namun, sepakan Dehich bisa dihalau oleh Lisandro Martinez. Pun dengan peluang yang didapatkan Garang Kuol pada masa injury time babak kedua. Kendati begitu, bola hasil sepakan pemain berusia 18 tahun itu masih bisa dihentikan oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez. Argentina pun menutup laga dengan kemenangan, 2-1. 

Messi mengakui, laga menghadapi Australia menjadi laga yang berat dan benar-benar menguras fisik. Terlebih, Argentina hanya memiliki waktu kurang dari tiga hari untuk bisa memulihkan kondisi dari laga terakhirnya. Socceroos, ujar kapten Timnas Argentina tersebut, tampil begitu kuat dalam aspek fisik. 

''Laga ini menjadi laga yang begitu sulit. Sejak awal, kami tahu, kami akan menghadapi laga yang begitu menguras energi fisik. Mereka adalah tim yang sangat kuat. Kami memiliki sedikit kemunduran dengan gol yang mereka cetak. Namun, inilah Piala Dunia. Setiap laga akan memberikan kesulitan tersendiri,'' ujar Messi seperti dilansir PA News, Ahad (4/12/2022). 

Buat Messi, laga ini pun memiliki arti spesial. Ini menjadi laga ke-1000 pemain berjulul La Pulga itu sepanjang kariernya, baik di level klub maupun bersama Timnas Argentina. Pemain berusia 35 tahun itu pun melengkapi catatan di laga ini dengan torehan gol. Total, Messi telah mencetak 789 gol dan 338 assist dari 1000 kali merumput di atas lapangan. 

''Saya baru mengetahui, ini menjadi laga ke-1000. Saya menikmati dan senang dengan momen ini. Saya juga senang, kami bisa melangkah ke langkah selanjutnya, melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022,'' ujar Messi. 

Di babak perempat final, Argentina sudah ditunggu Belanda, yang mampu menyingkirkan Amerika Serikat, 3-1, di laga babak 16 besar lainnya, Ahad (4/12/2022) dini hari WIB. Rencananya, duel Argentina kontra Belanda akan digelar di Stadion Lusail, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
lionel messi timnas argentina argentina vs belanda piala dunia 2022 argentina vs australia
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya