Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Bupati Purbalingga Gugah Semangat Penyandang Disabilitas Untuk Terus Berkarya

Ahad 04 Dec 2022 13:48 WIB

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, di Halaman Parkir GOR Goentoer Darjono, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (3/12/22).

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, di Halaman Parkir GOR Goentoer Darjono, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (3/12/22).

Foto: Pemkab Purbalingga
Meski memiliki kekurangan, penyandang disabilitas juga punya potensi dan bakat

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memberikan dukungan dan motivasi kepada para penyandang disabilitas dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Sabtu (3/12/22) di Halaman Parkir GOR Goentoer Darjono.

Menurutnya, meskipun memiliki kekurangan, penyandang disabilitas juga punya potensi dan bakat yang bisa dikembangkan."Adek-adek ini adalah anak-anak yang hebat dengan keterbatasan yang ada tidak menghalangi adek-adek sekalian untuk bersemangat untuk berbuat berkarya dan berprestasi membanggakan nama Kabupaten Purbalingga," kata Bupati dalam rilis yang diterima Republika, Sabtu (3/12/22).

Baca Juga

Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Purbalingga diselenggarakan berbagai kegiatan menarik. Diantaranya kegiatan seni budaya/pentas seni, Fashion Show, Festival Dolanan Anak.

Diramaikan juga dengan berbagai stand, seperti stand belajar bahasa isyarat Indonesia (Bisindo), stand pijat dari Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni), stand aneka produk kerajinan dan jajanan buatan para penyandang disabilitas dari SLB Negeri Purbalingga maupun SLB Purba Adhi Suta serta stand prestasi National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Purbalingga.

Bupati mengungkapkan Peringatan Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk memartabatkan penyandang disabilitas, dengan tidak lagi melakukan diskriminasi, melainkan dengan memberikan dukungan. Pemkab Purbalingga juga telah memberikan dukungan dan perhatian kepada para penyandang disabilitas di Purbalingga.

"Kami di APBD setiap tahunnya menganggarkan bantuan ODKB (Orang Dengan Kecacatan Berat) untuk bisa menyentuh para disabilitas di Kabupaten Purbalingga. Kemudian, bantuan alat bantu, seperti alat bantu dengar, kursi roda, kruk, dan lainnya kita terus kita gelontorkan kepada para Disabilitas yang membutuhkan," jelasnya.

Terkait diskriminasi, Bupati menuturkan OPD di Pemkab Purbalingga juga sudah mempekerjakan kaum disabilitas untuk mendapatkan persamaan hak dalam lapangan pekerjaan. Bupati juga menekankan kepada para kepala OPD untuk selalu memperhatikan sisi ramah disabilitas dalam pembangunan infrastruktur. "Kebetulan di lingkungan GOR ini kita dalam proses pembangunan GOR Indoor ini nantinya juga akan ramah terhadap penyandang disabilitas," katanya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA