Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Tingkatkan Mutu Lulusan, Prodi Teknologi Informasi Gelar Pelatihan Sertifikasi Phyton

Ahad 04 Dec 2022 13:16 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dalam rangka meningkatkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing tinggi, Program Studi (prodi) Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar pembekalan sertifikasi Phyton. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring, pada Jumat beberapa waktu lalu.

Dalam rangka meningkatkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing tinggi, Program Studi (prodi) Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar pembekalan sertifikasi Phyton. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring, pada Jumat beberapa waktu lalu.

Foto: istimewa
Sertifikat kompetensi banyak manfaatnya bagi mahasiswa dalam dunia bekerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam rangka meningkatkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing tinggi, Program Studi (prodi) Teknologi Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar pembekalan sertifikasi Phyton. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring, pada Jumat beberapa waktu lalu. 

Ketua Prodi (Kaprodi) Hendra Supendar mengatakan sertifikat kompetensi itu sendiri memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa dalam dunia kerja.  “Sertifikat ini berguna sebagai bukti bahwa seseorang memiliki keterampilan tertentu. Dengan sertifikat tersebut, pencari kerja akan memiliki daya saing tinggi, karyawan akan mendapatkan gaji dan promosi yang sesuai,” jelas Hendra dalam keterangan tertulisnya Ahad (4/12/2022). 

Baca Juga

Sementara itu, Rian Septian Anwar selaku Trainer Phyton dan juga narasumber dalam kegiatan tersebut  menjelaskan bahasa pemrograman phyton dipopulerkan oleh Guido Van Rossum di tahun 1991 penggunaan pada web development (server-side), software development, matematika, system scripting dan data sains. 

“Pada program sertifikasi phyton yang dilaksanakan oleh Prodi Teknologi Informasi Kampus Digital Kreatif Universitas BSI, mahasiswa harus mempelajari modul dan mengerjakan soal-soal yang ada. Peserta tidak dianjurkan terburu-buru dalam mengerjakan soal, ketelitian dalam memahami soal-soal,” jelas Rian. 

Ia juga menjelaskan, pada sertifikasi phyton ini terdiri atas Module 1 - Introduction to Python and computer programming, Module 2 - Data types, variables, basic input-output operations, basic operators,  Module 3 - Boolean values, conditional execution, loops, lists and list processing, logical and bitwise operations, Module 4 - Functions, tuples, dictionaries, and data processing,  Module 5 - Modules, Packages and PIP, Module 6 - Strings, String and List Methods, Exceptions, Module 7 - Object-Oriented Programming, Module 8 - Miscellaneous. 

Selanjutnya, melakukan verifikasi akun yang telah didaftar oleh mahasiswa melalui netacad.com serta memastikan Course Programming Essentials in Python  all  status atau in progress dan memastikan Part 1 Summary Test, Part 2 Summary Test, Final Test sesuai jadwal yang ditentukan.“Sertifikasi sangat berguna untuk mahasiswa, melalui sertifikat kompetensi, mahasiswa dapat bersaing dalam dunia kerja dan memiliki bukti dalam bentuk tertulis atas kemampuan peserta pada bidang ilmunya,” tuturnya. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA