Ahad 04 Dec 2022 12:10 WIB

Komisi Informasi Apresiasi Pemprov Kalteng Dukung Keterbukaan Informasi

Layanan PPID Utama juga sangat baik dengan menggunakan inovasi

Dalam rangka pendalaman terhadap layanan informasi publik, Komisi Informasi (KI) Pusat melakukan visitasi ke Kalimantan Tengah, Jumat (2/12/2022).
Foto: istimewa
Dalam rangka pendalaman terhadap layanan informasi publik, Komisi Informasi (KI) Pusat melakukan visitasi ke Kalimantan Tengah, Jumat (2/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA-- Dalam rangka pendalaman terhadap layanan informasi publik, Komisi Informasi (KI) Pusat melakukan visitasi ke Kalimantan Tengah, Jumat (2/12/2022). 

Visitasi langsung dipimpin Komisioner KI Pusat Rospita Vici Paulyn. Setibanya di Palangka Raya langsung mengunjungi Sekretariat PPID Utama di Kantor Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah. Rospita Vici Paulyn yang akrab dipanggil Vici nampak secara detail dan rinci melihat ruang layanan, serta berdialog dengan petugas layanan.

Baca Juga

"Dari hasil kunjungan ke PPID Diskominfosantik Provinsi Kalimantan sebagai PPID Utama, saya melihat mulai dari depan ruangan layanan informasi sampai ke ruang untuk pelayanan itu sudah sangat informatif," jelasnya. 

Lebih lanjut ia menyebut, layanan PPID Utama juga sangat baik dengan menggunakan inovasi-inovasi. Seperti adanya layar sentuh dan brosur-brosur yang sangat membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan akses informasi dengan mudah dan cepat. 

"Hal terpenting bagaimana kolaborasi antara Kominfo dengan Komisi Informasi Provinsi, karena sudah menjadi tugas utama Komisi Informasi dalam mendorong Badan Publik untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan mendorong serta mengedukasi masyarakat terkait haknya untuk tau," ucapnya.

Ia pun mengimbau, permohonan informasi dilakukan secara online melalui website agar bisa dipantau oleh pemohon sebab saat ini semuanya sudah harus didapatkan dengan mudah melalui teknologi yang tersedia. 

"Terkait ruang layanan informasi, harus bisa lebih ramah, lebih banyak lagi informasi yang diberikan dan informatif, sehingga ketika publik atau masyarakat datang menunggu, dia bisa mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat, tidak hanya dari PPID tetapi juga Perangkat Daerah lain," bebernya.

photo
Gubernur mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Komisioner KI Pusat yang telah mengunjungi Kalimantan Tengah secara langsung melihat dan memantau keterbukaan informasi publik. - (istimewa)

 

Seusai melakukan kunjungan di PPID Utama, Komisioner KI Rospita Vici Paulyn bersilaturami dengan Sektetaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin selaku atasan PPID Utama di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Dalam pertemuan yang hangat tersebut, Sekda Nuryakin mengungkapkan komitmen Pemprov. Kalteng dalam mendorong keterbukaan informasi publik di Provinsi Kalimantan Tengah. “Kita terus mendorong keterbukaan informasi setiap Badan Publik, karena ini hak masyarakat untuk tau, jangan ditutup-tutupi, sepanjang informasi itu memang dalam kategori harus dibuka,”  katanya.

Sementara Vici mengapresiasi atas dukungan Pemprov. Kalteng atas upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah provinsi dalam mendorong keterbukaan informasi di Kalimantan Tengah.“Semoga tahun ini Kalteng naik kelas, kita tunggu saja pengumumannya bulan ini,” ucap Vici.

Di akhir rangkaian visitasi, Rospita Vici Paulyn berkesempatan bertemu Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran. Gubernur mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Komisioner KI Pusat yang telah mengunjungi Kalimantan Tengah secara langsung melihat dan memantau keterbukaan informasi publik.

“Terima kasih KI pusat yang telah mengunjungi langsung Kalteng dalam rangka visitasi atau tahap akhir dari rangkaian monev keterbukaan informasi publik tahun 2022, semoga Kalteng memperolah predikat terbaik,” ucapnya.

Turut hadir Kepala Diskominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi selaku Ketua PPID Utama serta Ketua KI Kalteng M. Mukhlas Roziqin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement