Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Tanggul Pantai di Meulaboh Aceh

Ahad 04 Dec 2022 02:41 WIB

Red: Ilham Tirta

Pekerja menggunakan alat berat membangun tanggul pantai (ilustrasi).

Pekerja menggunakan alat berat membangun tanggul pantai (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Tebing pemecah ombak telah diibangun pada tahun 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Penataaan Ruang (Kemen PUPR) kembali melanjutkan pembangunan tanggul pemecah ombak (break water) di pesisir pantai Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2023. Proyek tersebut akan dibangun di kawasan Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera I.

"Untuk tahun 2023, anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 70 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh Barat, Dr Kurdi di Meulaboh, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga

Proyek ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2023. Pada tahun 2020 lalu, pemerintah pusat juga sudah membangun tebing pemecah ombak di kawasan Pantai Meulaboh dengan anggaran Rp 13,5 miliar.

Pemerintah Aceh Barat mengharapkan pembanguan tanggul di kawasan Suak Indrapuri, Meulaboh, dapat mencegah terjadinya banjir rob atau banjir pasang purnama di pemukiman masyarakat. "Hal tersebut juga sebagai solusi untuk mengatasi ancaman abrasi pantai yang selama ini terjadi di kawasan pesisir pantai Aceh Barat," demikian Kurdi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA