Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

6 Makanan Kaya Zinc untuk Meningkatkan Imunitas di Musim Hujan

Ahad 04 Dec 2022 02:22 WIB

Red: Ilham Tirta

Biji labu merupakan salah satu makanan kaya zinc.

Biji labu merupakan salah satu makanan kaya zinc.

Foto: Pixabay
Makanan kaya seng memberi tubuh kekebalan melawan virus dan penyakit dari bakteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengkonsumsi makanan kaya seng (Zinc) di musim hujan memberikan banyak manfaat kesehatan dan berperan sebagai suplemen penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Ini meningkatkan metabolisme yang sehat, pencernaan yang lebih baik dan kesehatan saraf yang menjadikannya komponen penting yang harus dikonsumsi secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh di musim hujan.

Dilansir dari English Jagran pada Sabtu (3/12/2022), makanan kaya seng memberi tubuh kekebalan yang sangat dibutuhkan untuk melawan virus dan penyakit penyebab bakteri. Seng adalah mineral yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan flu biasa dan penyakit di musim hujan.

Baca Juga

Berikut makanan kaya seng untuk meningkatkan imunitas di musim hujan yaitu :

1. Kacang

Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, dan pinus dapat meningkatkan asupan seng dalam tubuh. Kacang dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan karena merupakan pilihan yang cepat dan nyaman serta mudah dicerna. Mereka juga telah dikaitkan dengan kemampuan untuk mengurangi risiko mengembangkan berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Daging

Daging merupakan sumber seng yang sangat baik yang dapat dimasukkan dalam diet musim dingin. Satu porsi daging menyediakan 176 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak yang melengkapi kebutuhan harian vitamin dan seng dalam tubuh.

3. Telur

Satu telur mengandung sekitar lima persen dari tingkat seng harian yang direkomendasikan. Dengan jumlah seng yang sedang, telur dapat dimasukkan ke dalam makanan rutin Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh yang sehat.

4. Kacang-Kacangan

Menanam kacang-kacangan seperti lentil, kacang-kacangan dan buncis dalam makanan biasa Anda dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan kaya seng dalam jumlah yang tepat di musim dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah batuk, pilek dan penyakit musim dingin lainnya.

5. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh kaya akan serat, vitamin, zat besi, fosfor, magnesium dan seng yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kekebalan yang baik di musim dingin. Gandum, quinoa, beras, dan oat mengandung seng bersama dengan kandungan fitat dalam jumlah tinggi.

6. Produk Susu

Dua sumber signifikan seng, susu dan keju kaya akan kandungan bioavailabilitas yang membuatnya mudah diserap oleh tubuh. Mereka sangat baik untuk kesehatan gigi, tulang dan usus dan serbaguna. Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke makanan biasa untuk memenuhi kebutuhan seng tubuh Anda.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA