Ahad , 04 Dec 2022, 00:09 WIB

Kalahkan Amerika 3-1, Belanda Jadi Tim Pertama Lolos ke Babak Perempat Final

Rep: Rahmat Fajar / Red: Muhammad Akbar
Para pemain Belanda merayakan setelah Memphis Depay dari Belanda mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Belanda dan Amerika Serikat, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu, 3 Desember 2022.
Foto AP/Ebrahim Noroozi

Para pemain Belanda merayakan setelah Memphis Depay dari Belanda mencetak gol pembuka timnya selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia antara Belanda dan Amerika Serikat, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu, 3 Desember 2022.

Belanda akan melawan pemenang antara Argentina melawan Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA--Belanda melaju ke babak perempat final Piala Dunia Qatar 2022 setelah mengalahkan Amerika Serikat 3-1 pada babak 16 besar di Stadion Internasional Khalifah, Doha, Sabtu (3/12) malam WIB. Mereka akan melawan pemenang antara Argentina melawan Australia.

Memphis Depay membawa Belanda unggul 1-0 ketika lagai beru berlangsung sepuluh menit. Penyerang Barcelona itu memanfaatkan assist Denzel Dumfries dengan tembakan kaki kanannya yang mengarahkan bola ke sudut kiri gawang.

Belanda bermain dengan penguasaan bola namun dengan tempo sedang. Sedangakan AS terus berusaha menekan tetapi masih kesulitan menembus pertahanan lawan dalam 15 menit terakhir.

Pada menit ke-21 Depay memperoleh ruang tembak dari sudut sempit. Namun percobaannya gagal karena bola meleset ke kiri. Belanda nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-29 jika sundulan Virgil van Dijk yang menyambut umpan silang Cody Gakpo tak diblok.

Memasuki menit ke-30 Amerika masih kesulitan menusuk ke area pertahanan Belanda. Oleh karena itu mereka memanfaatkan peluang lewat skema bola-bola mati.

Percobaan dari luar kotak penalti juga terpaksa dilakukan oleh pemain Amerika. Timothy Weah melakukan itu pada menit ke-43 namun gagal berbuah gol. Delay Blind menutup babak pertama dengan keunggulan Belanda 2-0 pada menit ke-45+1.

Amerika mendapatkan peluang emas ketika babak kedua berjalan empat menit melalui sundulan Weston McKennie yang menyambut umpan silang Pulisic meski gagal. Di menit yang sama, McKennie memberikan assist kepada Tim Ream namun tembakannya diblok.

Pertahanan Belanda masih diancam oleh para pemain Amerika. McKennie kembali mendapatkan peluang melalui sundulan namun gagal. Belanda keluar dari tekanan dan menguasai penguasaan bola pada babak kedua.

Amerika terus mencari peluang mencetak gol. Dan gol tersebut berhasil mereka dapatkan pada menit ke-76 melalui tembakan Haji Wright memanfaatkan assist Pulisic. Gol Wright memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Tetapi disaar upaya menyamakan kedudukan, gawang Amerika kembali kebobolan pada menit ke-81 melalui Dumfries. Gol Dumfries menjadi penutup sekaligus Belanda menang 3-1 atas Amerika.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Memphis Depay Belanda perempat final Piala Dunia 2022 babak 16 besar Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Amerika Serikat
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya