Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Festival Sungai Kayan Diyakini Dapat Bangkitkan Perekonomian Masyarakat

Sabtu 03 Dec 2022 23:43 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Festival Sungai Kayan diyakini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat. (ilustrasi

Festival Sungai Kayan diyakini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat. (ilustrasi

Foto: ANTARA
Terlihat para penonton 'tumpah' di sepanjang tepian Sungai Kayan.

REPUBLIKA.CO.ID, TARAKAN -- Lomba perahu dayung dan ketinting pada gelaran Festival Sungai Kayan mampu menarik ratusan pasang mata yang menyaksikannya. Kegiatan ini diyakini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Antusiasme dari para penonton diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat disekitar yang menjual beragam produk makanan, produk lokal maupun aksesoris," kata Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang di Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, Sabtu (3/12/2022), saat hadir sekaligus membuka secara langsung Festival Sungai Kayan di Pelabuhan Speedboat VIP.

Baca Juga

Terlihat para penonton tumpah di sepanjang tepian Sungai Kayan, bahkan ada yang rela berpanas-panasan demi melihat langsung aksi para peserta lomba. Atas nama pribadi dan Pemprov Kaltara, Gubernur Kaltara mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya festival ini.

Menurutnya, selain merupakan agenda tahunan dalam memeriahkan HUT ke-10 Provinsi Kaltara, ini juga akan menjadi potensi luas biasa dalam menghidupkan olahraga masyarakat berbasis budaya. "Apresiasi dan ucapan terima kasih saya ucapkan. Selain upaya dalam menghidupkan olahraga masyarakat berbasis budaya, diharapkan terlaksananya festival ini juga akan meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Kaltara," kata Zainal.

Dia menyampaikan rasa bangga kepada seluruh masyarakat karena Sungai Kayan dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, dirinya turut mengajak masyarakat untuk menjaga atas anugerah yang berlimpah atas keindahan alam yang masih alami.

"Saya berharap Pemkab Bulungan dan seluruh masyarakat Bulungan dapat mengolah Sungai Kayan ini dengan baik, yang bukan tidak mungkin akan sangat bisa kita jadikan potensi wisata kedepannya," kata Zainal.

Dia juga berharap agar kegiatan olahraga perlombaan balap perahu dayung dan ketinting seperti ini dapat secara rutin laksanakan. Tujuannya agar kelak dapat melahirkan bibit-bibit baru yakni atlet perahu dan ketinting yang unggul yang dapat berlaga pada ajang nasional maupun internasional.

"Selamat bertanding, tetap menjunjung tinggi sportifitas dan profesionalisme dengan cara menunjukkan performa terbaik dalam meraih kemenangan," kata Zainal.

Perlombaan balap perahu dayung dan ketinting Festival Sungai Kayan, diikuti beberapa daerah dari dalam maupun luar daerah. Di mana setiap peserta atau tim dibagi menjadi beberapa grup dan kelasnya.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA