Sabtu , 03 Dec 2022, 19:11 WIB

Belanda Vs Amerika Serikat, Van Dijk Perlu Waspadai Pulisic dan Tyler Adams

Rep: Rahmat Fajar / Red: Endro Yuwanto
Pemain belakang Belanda, Virgil van Dijk.
Foto AP/Darko Bandic

Pemain belakang Belanda, Virgil van Dijk.

Meski bukan favorit, timnas AS masih punya pemain lain yang bisa merepotkan Van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Belanda akan meladeni Amerika Serikat (AS) pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Bek Belanda Virgil van Dijk diingatkan kembali tentang gelandang Leeds United, Tyler Adams.

Pemain ini yang mengakhiri rekor 70 pertandingan tak terkalahkan Van Dijk di Anfield, markas Liverpool, pada Oktober 2022 lalu sejak bergabung bersama Liverpool pada 2018. Adams yang kini adalah kapten AS mencetak gol kemenangan 2-1 waktu itu.

Baca Juga

Adams tampil luar biasa waktu itu dan mendapatkan pujian dari sang pelatih Jesse Marsch. Ia menyebut Adams salah satu pemain terbaik Leeds di setiap pertandingan. Penampilan gemilang itu ia teruskan ketika memimpin AS di Qatar. Tak ada alasan bagi Van Dijk untuk tidak lebih waspada.

Meskipun AS bukan favorit tetapi skuad Paman Sam masih memiliki pemain lain yang bisa merepotkan Van Dijk. Gelandang Chelsea, Christian Pulisic bisa menghadirkan ancaman. Ia bisa dimainkan setelah absen melawan Iran karena cedera.

Pulisic terbukti pernah merepotkan Van Dijk di Liga Inggris. Ia turut mencetak gol dalam pertandingan Liverpool melawan Chelsea yang berakhir 2-2 di Stamford Bridge musim lalu. Van Dijk dikritik waktu itu karena membiarkan Pulisic lepas dari pengawalan.

Adams menyatakan, siap menghadapi tangguhnya pertahanan Belanda yang dikawal Van Dijk. Ia percaya diri bersama rekan-rekannya bisa mengalahkan Belanda. Catatan apik menghadapi Van Dijk di Liga Inggris dinilai menjadi kesempatan besar mengalahkannya.

"Ini akan menjadi pertandingan yang luar biasa. Saya pikir kami jelas memainkan kompetisi yang bagus di sini," kata Adams dilansir dari Mirror.

Adams mengakui Belanda salah satu favorit juara Piala Dunia 2022 bersama Inggris. Pasalnya, kedua raksasa Eropa itu melakukan kinerjanya sangat baik di fase grup. Kedua tim juga didukung oleh beberapa pemain luar biasa. Maka dari itu AS harus siap menghadapi laga tersebut.

"Tetapi saya pikir saat ini kami menikmati momen, memiliki waktu istirahat untuk bersantai dan memulihkan diri, [dan kemudian] fokus secara mental. Pelatih akan datang dengan rencana permainan. Sudah waktunya bagi kami untuk melaksanakannya," ujar Adams menegaskan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas belanda timnas belanda vs timnas amerika serikat belanda vs amerika serikat belanda vs as bek belanda van dijk Van Dijk Perlu Waspadai Pulisic dan Tyler Adams babak 16 besar piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya