Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Guncangan Gempa M 6,4 di Garut Terasa Sampai Tasikmalaya

Sabtu 03 Dec 2022 17:13 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ratna Puspita

Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 di laut Kabupaten Garut dirasakan di berbagai wilayah Jawa Barat (Jabar) seperti Tasikmalaya, Ciamis.

Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 di laut Kabupaten Garut dirasakan di berbagai wilayah Jawa Barat (Jabar) seperti Tasikmalaya, Ciamis.

Foto: Reuters
Di Tasikmalaya, guncangan gempa membuat barang-barang di dalam rumah bergoyang.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 terjadi di Kabupaten Garut, Sabtu (3/12/2022) pukul 16.49.42 WIB. Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di berbagai wilayah Jawa Barat (Jabar) seperti Tasikmalaya, Ciamis, bahkan hingga ke Bandung.

Berdasarkan pengamatan Republika, guncangan gempa itu dirasakan di berbagai wilayah di Jabar. Tak hanya di Garut, guncangan juga dirasakan di Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, bahkan hingga ke Bandung.

Baca Juga

Di Kota Tasikmalaya, guncangan gempa membuat barang-barang di dalam rumah bergoyang. Sejumlah warga sempat keluar rumah karena guncangan tersebut. Namun, tidak ada kepanikan berlebihan akibat peristiwa itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi tersebut terletak di koordinat 7.51 LS dan 107.52 BT atau 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar). Pusat gempa bumi berada di kedalaman 116 kilometer.

fnMw8rlitF0

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya, Sabtu. 

BMKG juga menyebutkan bahwa gempa dirasakan di Garut, Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, Tasikmalaya, Pamoyanan, dan Panimbang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA