Sabtu 03 Dec 2022 14:55 WIB

Ngundhuh Mantu Kaesang-Erina, 2188 Personel Polisi Disiagakan

Polda Jawa Tengah siapkan pengamanan maksimal di acara ngundhuh mantu Kaesang-Erina

Rep: C02/ Red: Christiyaningsih
Jelang pernikahan, Kaesang-Erina Ziarah kubur di makam-makam leluhur Mangkunegara, Selasa (29/11/2022). Polda Jawa Tengah siapkan pengamanan maksimal di acara ngundhuh mantu Kaesang-Erina.
Foto: Republika/Alfian
Jelang pernikahan, Kaesang-Erina Ziarah kubur di makam-makam leluhur Mangkunegara, Selasa (29/11/2022). Polda Jawa Tengah siapkan pengamanan maksimal di acara ngundhuh mantu Kaesang-Erina.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Polda Jawa Tengah menyiapkan pengamanan maksimal menjelang acara pernikahan ngundhuh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Ahad (11/12/2022). Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan personel yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan berasal dari seluruh satuan kepolisian di Jawa Tengah.

Diketahui Polda Jateng menyiapkan 2.188 personel untuk kegiatan tersebut. Mulai dari kegiatan siraman di Sumber (kediaman Presiden Joko Widodo), kirab yang mengambil start di Loji Gandrung hingga resepsi yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran, Kecamatan Banjarsari.

Baca Juga

"2.188 personel itu akan dibagi dalam lima satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab, serta Pura Mangkunegaran. Adapun lokasi-lokasi lain di Surakarta tetap mendapat prioritas pengamanan dan pelayanan masyarakat tetap dilaksanakan seperti biasanya" kata Iqbal, Sabtu (3/12/2022).

Selain itu, Iqbal juga mengatakan akan disiapkan 86 kendaraan roda dua dan 94 kendaraan roda empat guna mendukung pengamanan kegiatan. "Semuanya sudah dalam kondisi siap dan bisa digunakan sewaktu-waktu," ungkapnya.

Untuk posko kegiatan, pihaknya akan menyiapkan tiga posko di Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran, dan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta. Semua posko dilengkapi alat komunikasi canggih termasuk sarana pemantauan CCTV dan ambulans.

"Secara umum, Polri khususnya Polda Jateng sudah menyiapkan personel dan sarana untuk pengamanan dan kelancaran kegiatan. Pada pelaksanaannya nanti kita akan bersinergi dengan semua komponen yang terlibat termasuk dengan Pemkot Surakarta dan unsur TNI," pungkasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement