Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Buka Jalan Menuju 2024, PDIP Beri Instruksi ke Tiga Pilar Partai

Sabtu 03 Dec 2022 14:19 WIB

Red: Muhammad Hafil

Buka Jalan Menuju 2024, PDIP Beri Instruksi ke Tiga Pilar Partai

Buka Jalan Menuju 2024, PDIP Beri Instruksi ke Tiga Pilar Partai

Foto: Dok Republika
PDIP menggelar rapat kerja di Banjarmasin.

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN - Seluruh Tiga Pilar Partai PDI Perjuangan (PDIP) diinstruksikan untuk semakin membuka jalan kemenangan di Pemilu 2024 dengan rajin turun ke bawah demi meraih kepercayaan rakyat.

Instruksi itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam rapat kerja daerah (rakerda) PDIP Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Sabtu (3/12/2022).

Baca Juga

“Jalan menuju Pemilu 2024, Tiga Pilar Partai bergerak ke bawah sebagai satu-satunya jalan mendapatkan kekuasaan politik, yakni dengan meraih kepercayaan dari rakyat,” kata Hasto.

"Organisir rakyat dalam rangka Pemenangan Pemilu 2024,” tambahnya.

Rapat kerja daerah itu dilaksanakan di Kota Banjarmasin dengan dihadiri pengurus partai dari seluruh kabupaten/kota di provinsi tersebut. Acara dipimpin oleh Sekretaris DPD PDIP Kalsel M. Syaripuddin. 

Hasto sendiri hadir dengan didampingi Anggota DPR RI Adian Napitupulu dan politisi muda Bane Raja Manalu. Keduanya ikut memberi materi di Rakerda tersebut. Kepala daerah dari PDIP di Kalsel juga hadir diantaranya Wakil Walikota Banjarbaru Wartono. Juga hadir Bupati Tanah Laut Sukamta.

Kembali ke Hasto, dia melanjutkan bahwa para kader PDIP seluruh Indonesia juga diinstruksikan untuk mengikuti seluruh tahap Pemilu 2024 dengan penuh disiplin. Dan semuanya harus bergerak dalam satu rampak barisan, dalam tradisi demokrasi yang dipimpin oleh ideologi melalui arahan, keputusan, dan instruksi Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri.

Sesuai perintah Megawati, kata Hasto, Tiga Pilar Partai diminta mengejar prestasi di wilayah politiknya masing-masing sesuai dengan ruang lingkup tugas dan tanggung jawab sebagai kader Partai.

“Perkuat komunikasi politik ke bawah, bangunlah jalan bagi masa depan, tiada hari tanpa konsolidasi,” tegas Hasto.

Instruksi untuk lebih mendekatkan diri kepada rakyat menjadi semakin penting mengingat kondisi yang memang mendesak pada saat ini. 

Dari perspektif global, dijelaskan Hasto, pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan menyeluruh tata kehidupan umat manusia. Dampak Covid-19 belum diatasi, muncul Perang Rusia-Ukraina. Selain itu, sistem internasional menghadapi ketidakstabilan: global warming; krisis pangan; dan ketidakpastian akibat pertarungan geopolitik global. Sehingga dunia saat ini menghadapi ancama resesi disertai krisis pangan dan energi.

Di sisi lain, kontestasi Pemilu 2024 yang terlalu awal, menyebabkan energi bangsa terserap pada “pertarungan politik”. Karena itulah PDI Perjuangan menghimbau agar para menteri benar-benar berfokus pada penanganan masalah ekonomi, sehingga Pemilu 2024 dilaksanakan dalam pencapaian kehidupan perekonomian yang membanggakan.

“Maka skala prioritas saat ini adalah konsolidasi menyeluruh, tiada hari tanpa kampanye. Kejar prestasi Tiga Pilar Partai di seluruh lini. Dan dukung sepenuhnya Pemerintahan Presiden Jokowi menciptakan legacy yang maksimal,” tegas Hasto.

M. Syarifuddin melaporkan bahwa rakerda dilakukan demi mengokohkan dan memanaskan mesin partai demi menghadapi pemilu 2024. Rapat kerja juga sekaligus upaya melakukan reafirmasi hasil rakernas PDIP. 

“Agar semua prinsip ini menjadi dalam satu kesatuan pemahaman dan gerakan kader partai. Kita bergerak menuju kemenangan pada pemilu 2024,” kata Syarifuddin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA