Thursday, 11 Rajab 1444 / 02 February 2023

Ini 10 Kota Terbaik di Dunia untuk Menjadi Tempat Tinggal

Sabtu 03 Dec 2022 12:56 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Sudut kota di Sakai, Osaka Jepang.

Sudut kota di Sakai, Osaka Jepang.

Foto: maman sudiaman
10 kota di dunia ini terbaik dihuni terkait infrastruktur hingga stabilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk ketiga kalinya dalam lima tahun, Wina menduduki puncak daftar kota paling layak huni menurut Indeks Kelayakan Global 2022. Indeks Kelayakhunian Global dibuat setiap tahun oleh Economist Intelligence Unit dari The Economist, yang memeringkat kota berdasarkan lebih dari 30 faktor dalam lima kategori utama, yaitu stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur.

Analis ahli dan kontributor dalam kota menilai indikator itu untuk menghasilkan skor kelayakan huni untuk memeringkat 173 kota. Dilansir Travel and Leisure, Sabtu (3/12/2022), berikut tempat terbaik untuk tinggal di dunia, menurut The Economist.

Baca Juga

1. Copenhagen, Denmark

Ibu kota Denmark dan kota terpadat, Copenhagen menggabungkan arsitektur modern dengan sejarah, restoran yang ramai, dan budaya yang kaya dengan banyak museum di pusat kota. Copenhagen memperoleh indeks 98 dari 100, dengan skor sempurna dalam stabilitas, pendidikan, dan infrastruktur.

 

2. Zürich, Swiss

Kelilingi kota kosmopolitan ini di museum, kehidupan malam yang menarik, dan kota tua yang bersejarah dengan perjalanan perahu di sepanjang sungai Limmat. Indeks total Zurich sebesar 96,3, termasuk 100 poin untuk perawatan kesehatan dan peringkat tinggi untuk budaya dan infrastruktur.

 

3. Calgary, Kanada

Kota terbesar di provinsi Kanada Alberta, Calgary menawarkan populasi yang beragam, budaya yang kaya, kehidupan malam yang semarak, pemandangan spektakuler, dan aktivitas luar ruangan sepanjang tahun. Indeks Calgary sebesar 96,3 mencakup skor sempurna dalam perawatan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

 

4. Vancouver, Kanada

Terletak di British Columbia, Vancouver adalah kota modern yang menampilkan pegunungan, hutan, lautan, dan kuliner kelas dunia. Sebagai tujuan liburan sepanjang tahun yang populer, kota ini memperoleh indeks kelayakan huni 96,1, yang menerima skor sempurna dalam perawatan kesehatan, pendidikan, serta budaya dan lingkungan.

 

5. Jenewa, Swiss

Markas besar PBB di Eropa terletak di Jenewa, lokasinya di sepanjang Danau Jenewa. Indeks Jenewa 95,9 mencakup 100 poin untuk perawatan kesehatan dan 96,4 untuk infrastruktur.

 

6. Frankfurt, Jerman

Pusat keuangan terbesar di Eropa, Frankfurt terletak di Main, anak sungai Rhine dan berbatasan dengan Hutan Kota Frankfurt. Indeks kota 95,7 mencakup skor sempurna untuk infrastruktur dan perawatan kesehatan, serta 96,3 untuk budaya dan lingkungan.

 

7. Toronto, Kanada

Terletak di provinsi Ontario, Toronto adalah kota terbesar di Kanada dengan populasi yang beragam, pemandangan seni dan restoran yang semarak, dan cakrawala yang menakjubkan.  Kota ini mencetak total 95,4, dengan 100 poin dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

 

8. Amsterdam, Belanda

Amsterdam, ibu kota Belanda, terkenal dengan kanal, museum, bangunan bersejarah, dan kehidupan malamnya yang semarak. Kota ini menerima skor 97,2 untuk budaya dan lingkungan dan 100 untuk perawatan kesehatan, dengan total indeks 95,3.

 

9. Osaka, Jepang

Salah satu kota terbesar di Jepang, Osaka adalah pusat keuangan utama, tujuan wisata, dan kota kosmopolitan yang terkenal dengan restoran dan festivalnya. Indeks totalnya 95,1 termasuk skor 100 untuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan stabilitas.

 

10. Melbourne, Australia

Terletak di tenggara Australia di sepanjang Sungai Yarra, Melbourne terkenal dengan pantainya, seni dan musik, perbelanjaan, dan komunitas Aboriginnya. Dengan indeks 95,1, kota ini mendapat skor 100 untuk pendidikan dan infrastruktur dan 98,6 untuk budaya dan lingkungan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA