Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Abbad bin Bisyr, Sahabat Nabi yang Tetap Melanjutkan Sholat Meski Dihujani Panah

Sabtu 03 Dec 2022 11:50 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Sahabat Nabi (ilustrasi). Abbad bin Bisyr, Sahabat Nabi yang Tetap Melanjutkan Sholat Meski Dihujani Panah

Sahabat Nabi (ilustrasi). Abbad bin Bisyr, Sahabat Nabi yang Tetap Melanjutkan Sholat Meski Dihujani Panah

Foto: Dok Republika
Abbad sosok yang pemberani dan sangat mencintai Allah SWT dan Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sayyidah Aisyah menyebut ada tiga orang sahabat Anshar yang keutamaannya tidak bisa dilampaui siapapun. Mereka yang dimaksud adalah Sa’ad bin Mu’adz, Usaid bin Hudhair dan Abbad bin Bisyr.

Abbad bin Bisyr merupakan sahabat Nabi dari kalangan Anshar dan termasuk sahabat yang ahli ibadah (abid). Abbad masih remaja ketika Islam mulai tersebar di Madinah. Ia belajar Alquran kepada Mush’ab bin Umair, yang mana dengan suaranya yang merdu membuat ia terkenal sebagai pembaca Alquran dan imam.

Baca Juga

Di samping itu, Abbad juga sosok yang pemberani dan sangat mencintai Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Maka wajar jika Abbad bin Bisyr selalu ada dan siap siaga manakala Nabi Muhammad membutuhkan seseorang untuk melakukan suatu hal.

Dalam artikel yang dimuat di laman resmi PBNU disebutkan, setelah perang Dzatu Riqa, Nabi Muhammad SAW dan pasukan umat Islam disebut beristirahat di suatu tempat. Pada saat malam tiba, Rasulullah SAW meminta dua sahabatnya menjadi sukarelawan untuk berjaga.

Abbad bin Bisyr dari kalangan Anshar dan Ammar bin Yasir dari Muhajirin pun menyatakan kesediaannya. Keduanya akan berjaga malam itu, sementara Nabi Muhammad dan pasukan umat Islam lainnya beristirahat. Ammar bin Yasir memilih berjaga pada awal hingga tengah malam, sedangkan bagian jaga Abbad bin Bisyr dari tengah sampai akhir malam.

Ammar langsung berjaga saat itu juga, sementara Abbad sembari menunggu gilirannya berjaga melaksanakan sholat beberapa rakaat. Tidak lama setelah itu, mungkin karena kecapekan, Ammar bin Yasir ketiduran.

sumber : https://islam.nu.or.id/hikmah/abbad-bin-bisyr-tetap-melanjutkan-shalat-meski-terkena-anak-panah-fCK4l
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA